PD KMHDI SULSEL : MPAB sebagai Regenerasi Pemuda Hindu yang Berkualitas

Makassar, 1 s/d 2 Nopember 2014. Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Selatan (PD KMHDI SulSel) melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Anggota Baru (MPAB) tahun 2014 di Gedung Vyata Satya Kharma Pura Giri Natha Makassar. Hari ini (Sabtu, 1/11) bukan merupakan hari pertama pelaksanaan MPAB tapi merupakan rangkaian puncak dari pelaksanaan MPAB 2014. Karena Panitia dan Pengurus PD KMHDI SulSel telah sepakat untuk menerapkan konsep MPAB yang baru lain dari MPAB di tahun sebelumnya yaitu MPAB secara bertahap.

Minggu Pertama:
Rangkaian kegiatan pertama yaitu dengan melaksanakan Matur Piuning pada hari Sabtu 18 Oktober 2014 setelah persembahyangan Tumpek Landep di Pura Giri Natha Makassar. Matur Piuning di “puput” langsung oleh Ida Pandita Dharma Yadnya Sam Yoga yang diikuti oleh sebagian peserta serta seluruh panitia MPAB 2014. Kemudian acara kedua berlangsung pembukaan pada Minggu Pagi 19 Oktober 2014 di Gedung Vyata Satya Khama, dengan disambut Tari Penyembrahma dari Kader PD KMHDI SulSel acara dihadiri oleh perwakilan lembaga-lembaga Hindu Se Sulawesi Selatan dan se Kota Makassar di antaranya PHDI SulSel, PSN SulSel, Prajaniti SulSel, DPP Peradah SulSel, PHDI Kota Makassar, Banjar Makassar, DPK Peradah Makassar, Pasraman Makassar, Alumni dan senior serta seluruh anggota PD KMHDI SulSel. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua PHDI Prov Sulawesi Selatan.

Ketua Panitia I Wayan Diatmika dalam laporannya mengatakan kegiatan MPAB tahun 2014 ini di ikuti oleh kurang lebih 80 orang peserta dari seluruh Perguruan Tinggi se-Kota Makassar dan sekitarnya. Serta kegiatan ini bertajuk “Regenerasi Guna Wujudkan Pemuda Hindu yang Berkualitas”.

Sedangkan Ketua PD KMHDI Sulawesi Selatan Putu Wiratnaya, S.Kom. dalam sambutannya menjelaskan tujuan dari pelaksanaan MPAB 2014 yang dilakukan secara bertahap ini. Beliau mengatakan bahwa, MPAB bertahap bertujuan untuk memaksimalkan proses penerimaan materi dari para peserta sehingga para peserta MPAB dapat menerima materi secara maksimal. Selain itu juga bertujuan sebagai tahapan seleksi agar peserta yang dikukuhkan nantinya dapat menjadi anggota yang aktif dan tidak hanya numpang nama. Tambah beliau.

Bapak Ketua PHDI Sulawesi Selatan Bapak Nyoman Sumarya mengatakan bahwa peran pemuda khususnya mahasiswa Hindu di Provinsi Sulawesi Selatan sangat besar dan bahkan sangat diharapkan untuk selalu menjaga eksistensi umat Hindu khususnya di Kota Makassar ataupun Sulawesi Selatan. Sinergisitas antar lembaga juga perlu ditingkatkan serta kehadiran Mahasiswa Hindu dalam diskusi-diskusi lintas agama juga perlu ditingkatkan, harap beliau. Beliau juga mengucapkan selamat datang kepada Calon anggota baru PD KMHDI SulSel semoga bisa menjadi anggota yang memberikan sumbangsih yang besar.

Setelah kegiatan Pembukaan berakhir, maka kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi pertama yaitu Materi Sejarah KMHDI dibawakan oleh Putu Wiratnaya, S.Kom. Pemberian materi berlangsung 2 jam dengan antusias yang besar dari peserta.

Minggu Kedua:
Minggu kedua (26/10) kegiatan dilanjutkan pada siang hari pukul 14.00 setelah kuliah agama selesai di Gedung Vyata Satya Karma Pura Giri Natha Makassar. Minggu kedua ini peserta diberikan materi mengenai Struktur dan Manajemen KMHDI yang dibawakan langsung oleh Sekretaris PD KMHDI SulSel yaitu Saci Dewi. Peserta yang hadir juga masih sama dengan hari pertama yaitu sekitar 80 orang.

Minggu Ketiga :
Minggu ini merupakan puncak dari kegiatan MPAB 2014, dimulai dari hari Sabtu 1 November 2014 pukul 18.00 Wita yang juga dihadiri oleh perwakilan dari PC KMHDI Palopo kegiatan diawali dengan peserta melakukan registrasi ulang dan mengumpulkan tugas yang telah diberikan oleh panitia sebagai syarat mengikuti kegiatan ini. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sembahyang bersama. Setalah persembahyangan selesai kegiatan dilanjutkan dengan Materi Weda dan Panca Sradha yang dibawakan oleh Bapak Ketut Mundra, S.Ag kemudian setelahnya dilanjutkan dengan materi Ideologi KMHDI dibawakan oleh Putu Nopa Gunawan, ST.

Pagi hari (2/11) mengawali kegiatan dihari Minggu dilakukan renungan bersama dipandu oleh Saci Dewi dan Putu Devi Cahyani. Banyak peserta yang larut dalam renungan tersebut bahkan sebagian besar peserta mengeluarkan tanggis mereka bahkan ada beberapa diantaranya sampai kesulitan bernapas hingga harus di berikan pertolongan oleh tim medis panitia.

Hingga kegiatan terus berjalan maka tiba di penghujung kegiatan MPAB 2014 yaitu pengukuhan. Ada sebanyak 72 orang Anggota Baru PD KMHDI Sulawesi Selatan yang dikukuhkan melalui MPAB 2014 ini. Isak tanggis warnai acara pengukuhan ini karena rasa terharu mereka dengan perjuangan yang panjang selama 3 minggu akhirnya mereka resmi menjadi anggota PD KMHDI SulSel dengan membaca Asta Brahmacarya KMHDI dan mencium bendera Merah Putih dan Bendera KMHDi serta bersalaman dengan seluruh panitia.
Acara MPAB ini ditutup oleh Ketua PD KMHDI SulSel dengan menutup sambutannya “kalian adalah orang pilihan, kalian adalah harapan terbesar Hindu. Selamat datang di keluarga kami, selamat berproses dan nikmatilah prosesnya”. (INFOKOM PD KMHDI SULSEL)

Komentar Anda