Sumpah Pemuda: 1000 Masker untuk Warga Palembang

Momen Sumpah Pemuda banyak dimanfaatkan oleh organisasi kepemudaan untuk melaksanakan kegiatan baik berupa diskusi maupun eksekusi. Hal tersebut tidak lain adalah untuk menunjukkan keberadaan pemuda di bangsa ini, tentunya bukan sebagai ajang unjuk eksistensi saja namun bagaimana peran pemuda juga harus dirasakan masyarakat sebagai salah satu elemen penopang kebangkitan bangsa.

PD KMHDI Sumatera Selatan bekerjasama dengan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dan beberapa OKP (Organisasi Kepemudaan) Palembang melakukan aksi bersama dengan membagikan masker kepada pengguna lalu lintas di sekitaran daerah Simpang Patal, Palembang.

Secara ensensial kegiatan ini memiliki beberapa tujuan yakni; pada momen Sumpah Pemuda diharapkan pemuda harus mampu memberikan kontribusinya meskipun dari hal-hal yang kecil dan harus berani tampil kepermukaan, Indonesia adalah milik seluruh masyarakatnya sehingga harus bersama-sama bersinergi untuk kemajuan bangsa. Diharapkan juga bahwa kegiatan ini menjadi inspirasi bagi seluruh pemuda Indonesia untuk mampu memaknai hari Sumpah Pemuda dengan tindakan-tindakan yang bermanfaat untuk semua kalangan. Disisi lain, pembagian masker gratis ini tujuannya adalah untuk menyadarkan masyarakat Palembang bahwa pentingnya untuk menjaga kesehatan, karena di lokasi pembagian masker itu sendiri sedang dilaksanakannya proyek pembangunan under contraction (jalan bawah tanah) sehingga selain polusi yang dihasilkan oleh kendaraan, kondisi jalan yang sangat berdebu menyebabkan kondisi udara menjadi sangat kotor (berdebu).

Pembagian masker gratis kepada pengguna jalan di sekitaran Simpang Patal, Palembang berlangsung sangat singkat yakni tidak lebih dari satu jam. Meskipun Palembang tidak lagi diselubungi kabut asap yang tebal seperti beberapa pekan belakangan, masyarakat masih membutuhkan masker sebagai pelindung saluran pernafasan. Artinya, sudah ada kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatnnya dari debu dan polusi kendaraan, hanya saja kesadaran untuk menggunakan sarananya yang belum direalisasikan.

Komentar Anda