PD KMHDI SULTRA adakan Seminar Nasional dan Pelatihan Kepemimpinan

Sembari merampungkan proses MPAB bertahap, yang dilakukan continiu selama hampir sebulan, Sabtu,03 oktober 2014 bertempat di Balai Diklat Pertanian Provinsi Sulawesi Tenggara, Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Tenggara (PD KMHDI Sultra) menyelenggarakan simakrama pelajar, mahasiswa dan pemuda Hindu se-Sultra dengan tema “Membangkitkan Generasi Muda Hindu Yang Cerdas, Berkarakter Dan Berdaya Saing Tinggi Dalam Menghadapi Era Globalisasi”.

Bekerjasama dengan DPP PERADAH Indonesia Sulawesi Tenggara, kegiatan Simakrama dimana dalam kegiatan ini mencakup beberapa item kegiatan diantaranya Seminar Nasional, Pelatihan Kepemimpinan dan Lomba Dharma Wacana tingkat pelajar dan mahasiswa. Pada hari pertama pelaksanaannya, Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Prov. Sulawesi Tenggara kemudian dilanjutkan dengan Seminar Nasional yang menghadirkan pembicara Dr.Ir.Iketut Puspa Adnyana,M.Tp (Asisten 2 Bidang Pembangunan Prov. Sulawesi Tenggara sekaligus Ketua PHDI Prov. Sulawesi Tengara) dan Dr.Ir.Gusti Ayu Kade Sutariati,M.Si (Akademisi sekaligus Ketua WHDI Prov Sulawesi Tenggara) dan dipandu oleh Putu Pande Hari Sugi Bali (Ketua Biro Kaderisasi PD KMHDI Sultra).

Dalam seminar tersebut, bapak Ketut Puspa Adnyana berbicara tentang “bagaimana pemimpin yang ideal dalam perspektif Hindu”, sedangkan ibu Gusti Ayu Kade berbicara bagaimana agar “generasi muda Hindu mampu memiliki daya saing yang tinggi dalam era globalisasi”.

http://kmhdi.files.wordpress.com/2014/10/proses-seminar.jpg
Foto : Moderator (Putu Pande Hari Sugi Bali), Pemateri (Dr.Ir.Gusti Ayu Kade Sutariati,M.Si dan Dr.Ir.Iketut Puspa Adnyana,M.Tp )

Ketua PD KMHDI Sultra, I Wayan Sukadana mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar generasi muda hindu khusunya di sultra dapat keluar dari zona nyaman yang selama ini dirasakan,
“kita harus bangkit, standar persaingan kehidupan bermasyarakat kian meningkat, jadi sudah seharusnya kita bangkit dan maju menjadi generasi yang dapat bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini”ujar Matal, sapaan akrab Ketua PD KMHDI Sultra.

Pada kegiatan pembukaan simakrama dan seminar nasional tersebut, dihadiri oleh 106 orang peserta yang terdiridari pelajar, mahasiswa, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat dari hampir seluruh kabupaten di Sulawesi tenggara. Kemudian kegiatan seminar ini di tutup dengan penyerahan cindera mata kepada narasumber dan moderator dan diakhiri dengan foto bersama panitia dan narasumber.

http://kmhdi.files.wordpress.com/2014/10/tamu-dan-undangan.jpg
Foto: Tamu Undangan dan Peserta Seminar

Pada hari kedua dan ketiga, akan dilaksanakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan oleh DPP PERADAH Sulawesi Tenggara yang diawali dengan senam yoga dan sembahyang saraswati dan dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan.
Selain melakukan Pelatihan, dengan kegiatan ini sangat diharapkan terjalinnya sinergisitas antar lembaga Hindu dalam membangun generasi Hindu yang berkualitas. (PD KMHDI Sultra to DDI)

Komentar Anda