Peran Agama Hindu dalam Mencegah Narkoba dan Pergaulan Bebas

Om Swastyastu.
Narkoba adalah gabungan bahan – bahan atau obat yang berbahaya. Sedangkan pergaulan bebas adalah interaksi atar manusia yang tidak teratur serta tidak sesuai adat ketimuran. Sehingga antara narkoba dan pergaulan bebas mempunyai hubungan yang sangat erat karena pergaulan bebas adalah salah satu indikator orang menggunakan narkoba. Selain itu orang terjerumus dalam penggunaan narkoba adalah karena ingin coba – coba , depresi, lingkungan dan keberadaan obat berbahaya itu sangat mudah didapat. Sehingga dengan demikian pencandu akan terserang penyakit berbahaya seperti paru2,jantung, ginjal dan penyakit menular lainnya. Dari latar belakang itulah narasumber mengakat post_title "Peranan agama Hindu dalam mencegah narkoba dan pergaulan bebas".

Didalam ajaran hindu sudah jelas di sampaikan bahwa narkoba merupakan tindakan dosa besar, sebagai mana disebutkan dalam SLOKANTARA 16. "BRAIMA WADAHSULAPANAM SUWARNA STEYARNEWA GURARWADHO MOHA OALAKAMUCYATEW" artinya: membunuh brahmana, meminum minuman keras, mencuri emas, memperkosa gadis perawan, dan membunuh guru ini dinamakan DOSA BESAR. Selain itu disebutkan juga oleh: ATHARWA WEDA X.5.34 "KRSI SAMSITO ANNATEJAH" (makanan yg baik memberikan kecermelangan) BHAGAVAD GITA XVI 4 – 14 juga menegaskan bahwa karena pengaruh narkoba atau minuman keras manusia menjadi malas, tidak mengetahui jalan yang benar dan prilaku baik, serta tak menetahui tujuan hidup, bahkan mirisnya mereka yang tercandu terbutakan oleh keinginanya.Dari sloka-sloka diatas jelas hindu mengajarkan agar umatnya tidak terjerumus dalam perbuatan yang membuat mereka jauh pada tuhan (hyang widhi).
Sehingga peran agama sebagai dasar dalam membedakan baik dan buruk, benar dan salah, etis dan tak etis dalam kehidupan sangat pentig untuk menjadi manusia yang baik dalam kehidupan bermasyarakat dan mulia di hadapan hyang widhi. Selain itu narasumber lebih menekankan kepada peserta seminar bahwa ajaran agama tidak hanya sekedar di ketahui dan dihapalkan tetapi harus dipahami dan di implementasikan dalam kehidupan masyarakat. Dengan di didukung pehaman agama dan komitmen diri akan muncul dan tertanam solgan "katakan untuk tidak menggunakan narkoba" dan selogan lain. Tentu tidak akan mungkin narkoba dan pergaulan bebas akan mengcam generasi muda yang kira banggakan ini. Demikianlah materi diskusi yang bisa saya sampaikan kepada peserta, ketika kita menemukan pecandu, pengedar, dan agen narkoba laporkan lah ke pihak berwajib, karena kita peduli kesahatan saudara-sadara kita dan kita peduli keberlangsungan bangsa dan negara yg kita cintai ini.
Om shanti shanti shanti Om
Satyam Eva Jaya
Disampaikan oleh Putu Surya Adnyana (Presidium KMHDI 2014-2016) dalam Acara seminar narkoba oleh BEM STAH jakarta yang bekerja sama dengan BNN RI.

Komentar Anda