Generasi Muda Hindu Harus Militan

Generasi muda merupakan tulang punggung dari suatu bangsa dan juga dalam semua hal. Generasi Muda adalah generasi penerus yang akan melanjutkan sejarah yang telah diukir oleh para pendahulunya. Untuk mampu melanjutkan perjuangan yang telah terlebih dulu dirintis oleh para pendahulu kearah yang lebih baik serta mampu mempertahankan peradaban, nilai-nilai ideologi, budaya, adat istiadat serta agama agar tetap bertahan dan mampu berkembang mengikuti perkembangan jaman diperlukan generasi muda yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat serta berkualitas, baik secara competence (pengetahuan) dan juga performance (aplikasi).

Begitu pula halnya dengan generasi mudah Hindu. Generasi Muda Hindu sudah saatnya menjadi generasi muda yang tak hanya unggul di bidang SDM baik secara competence dan performance. Tapi juga harus memiliki karakter yang kuat. Baik dalam hal kebangsaan maupun agama. Generasi muda Hindu harus kuat dengan prinsip agama yang dibawanya. Sehingga generasi muda Hindu yang militant sangat diharapkan. Militant tidak selalu berarti negative atau anarkis. Namun militant disini berarti kuat pada prinsip yang dibawa, kuat pada ajaran-ajaran Hindu yang diyakini serta mampu mempertahankannya dalam kondisi apapun.

Militant dalam konteks ini berarti mampu membawa ajaran Hindu dalam kondisi dan situasi apapun dan membuatnya se-fleksibel mungkin dimanapun tempatnya serta mampu mempertahankan eksistensinya dalam kehidupan sehari-hari. Militant dalam hal ini mengarah pada keyakinan yang kuat pada prinsip ajaran agama Hindu yang telah diyakini. Militant terhadap agama yang kita yakini akan melahirkan rasa peduli terhadap ajaran agama yang kita miliki sehingga generasi muda Hindu akan kuat baik secara competence dan performance. Kuat secara competence berarti generasi muda Hindu faham tentang ajaran agamanya secara teori dan pengetahuan, sedangkan performance berarti generasi muda Hindu mampu mengaplikasikan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu media yang mampu menumbuh kembangkan karakter yang baik pada generasi muda Hindu ialah melalui Organisasi keagamaan seperti Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah Indonesia), KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia). Organisasi keagamaan yang berbasis Hindu sudah semestinya mendapat perhatian khusus dari pihak yang berwenang, seperti PHDI. Organisasi yang seperti inilah yang nantinya akan menjadi basis kuat untuk menjaga eksistensi Umat Hindu baik di tingkat local maupun pusat. Dengan wadah ini generasi muda Hindu akan memiliki posisi yang lebih kuat serta mempunyai wadah untuk menyampaikan aspirasinya. Generasi muda Hindu khususnya pelajar dan mahasiswa sudah sewajarnya untuk pernah mengikuti organisasi keagamaan. Karena dengan bantuan wadah organisasi jumlah kader muda Hindu yang berkualitas progresif yang berjiwa militant mampu terbentuk.

Pada hakikatnya kader-kader yang sadar akan hak, kewajiban dan harga dirinya tidak akan tergoyahkan oleh apapun. Dengan demikian ia akan menemukan jati dirinya sebagai kader muda hindu khususnya KMHDI yaitu Religius, Humanis, Nasionalisme dan Progresifitas. Jadi, selamat berjuang untuk kader-kader muda hindu khususnya PD KMHDI Sulsel, selamat belajar, selamat berproses, dan jadilah kader-kader muda hindu yang berMILITAN.

(Biro Penelitian dan Pengembangan PD KMHDI SULSEL / I Nyoman Suarsandi)
Sumber: http://pdkmhdisulsel.org/index.php/web/berita/104

Komentar Anda