MPAB VI PD KMHDI Sumatera Selatan

Astungkare atas asungkertha wara nugraha Ida Shang Hyang Widhi Wasa MPAB VI PD KMHDI Sumatera Selatan dapat terlaksana dengan sukses. Dengan segala bentuk kerja keras panitia dari jauh-jauh hari untuk mematangkan kegiatan MPAB VI PD KMHDI Sumatera Selatan dapat dikatakan berhasil. Kegiatan ini dilaksanakan dari hari/tanggal; sabtu – minggu, 12 – 13 Oktober 2013. Dimana pembukaan dimulai pukul 16.00 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan materi-materi KMHDI dan penutupan pukul 14.00 WIB.

MPAB VI yang dengan tema “Optimalisasi Peran KMHDI Untuk Peningkatan Kesadaran Berorganisasi Bagi Mahasiswa hindu” peserta terdaftar sebanyak 42 mahasiswa hindu dengan peserta penuh 19 orang dan 23 peserta treatment.
Peserta penuh adalah peserta yang mengikuti rangkaian MPAB dengan penuh, sedangkan peserta treatment adalah peserta yang mengikuti kegiatan MPAB separuh kegiatan atau tidak bisa hadir karena kesibukan diluar. Treatment ini dilaksanakan untuk membantu calon anggota yang memiliki antusiasme tinggi namun tidak memiliki jadwal yang sama dengan yang sudah ditentukan oleh panitia. Dengan itu diadakannya treatment ini (penyampaian materi MPAB ulang) diharapkan sangat membantu calon kader-kader KMHDI untuk menuangkan segala ide dan pemikiran progresifnya di KMHDI.
mungkin akan timbul pertanyaan:

Mengapa ada proses treatment (lulus dan tidak lulus) apakah itu tidak keluar dari misi KMHDI alias membatasi kader untuk berproses di KMHDI? proses seleksi yang PD KMHDI Sumatera Selatan terapkan di MPAB justru semata-mata untuk mempermatang visi calon anggota untuk bergabung di KMHDI. dengan demikian ketika mereka sudah dilantik, mereka tidak semudah itu vakum di KMHDI karena proses yang mereka lalui di KMHDI itu tidak mudah. pertanyaan kedua yang akan timbul mungkin:

Mengapa harus ada magang, kok tidak langsung saja dilantik? adanya proses magang adalah untuk membiasakan calon anggota untuk berbaur dengan seniornya dengan sekret dan keluarga baru mereka yaitu KMHDI. karena seperti pepatah mengatakan baju baru akan membuat kita canggung artinya ketika calon anggota memasuki wadah baru, keluarga baru mereka membutuhkan adaptasi yang tidak hanya 1 hari atau 1 minggu. dengan adanya MAGANG ini akan menjadi proses pembiasaan kader dengan keluarga KMHDI. pertanyaan ketiga mungkin:

Mengapa dilaksankan jurit malam, bukankah itu membuat takut kader untuk aktif jurit malam atau tes mental dilakukan juga semata-mata ingin melatih ketegaran mereka untuk aktif di KMHDI. memang jurit malam ini dilaksankan dengan tantangan yang cukup besar berjalan dengan mata tertutup dengan mengikuti sehelat tali yang kemudian diberikan pertanyaan atau hukuman di setiap pos yang telah ditentukan. namun, semua itu lagi-lagi hanya untuk memberikan kesan yang lebih di KMHDI dan tentunya semua itu dengan batasan-batasan yang tidak kelewatan. pertanyaan yang terahir yang akan timbul mungkin:

Mengapa dilaksankan sidang keputusan, apa itu sidang keputusan? Setelah calon anggota mengikuti proses magang selama 32 hari maka akan dilakukan sidang keputusan ini. tujuan untuk mematangkan komitment dan konsistensi calon anggota nantinya ketika sudah dilantik serta memberi ketegasan kepada mereka agar bisa mengikuti proses di KMHDI agar adanya regenerasi kader nantinya. setelah adanya sidang keputusan maka barulah mereka dilantik.

Kembali kedalam runtunan acara MPAB. Treatment akan dilaksankan pada tanggal 20 Oktober 2013. Tidak hanya itu, MPAB VI PD KMHDI Sumatera Selatan ini juga akan dilaksanakan MAGANG dari tanggal 14 Oktober – 16 November 2013. Dan SIDANG Keputusan serta Pelantikan pada tanggal 17 November 2013. Tujuan magang disini adalah untuk meningkatkan solidaritas calon anggota kepada Hindu dan KMHDI khususnya. Sehingga tidak ada rasa takut atau malu bagi calon anggota PD KMHDI Sumatera Selatan untuk berbaur dengan senior atau berkunjung ke sekretariat.

Kembali kedalam acara MPAB VI PD KMHDI Sumatera Selatan, pada dini hari dilaksanakan jurit malam. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kematangan mental dan keseriusan calon anggota untuk bergabung di KMHDI, karena PD KMHDI Sumatera Selatan menginginkan kader yang benar-benar mampu berkomitment di KMHDI nantinya. Setelah dilakukan jurit malam, dilanjutkan dengan renungan. Renungan di sini, bertujuan untuk menyadarkan calon anggota untuk melakukan flash back kepada diri masing-masing atas semua yang suda dilalui dari masa kandungan hingga saat ini.

Materi MPAB dilanjutkan lagi setelah selesai perkenalan yaitu pukul 09.30 WIB, diakhir acara sebelum penutupan sebagai bentuk rasa apresiasi panitia kepada peserta MPAB di pilih lah peserta teraktif 2013 (King and Quin PD KMHDI Sumatera Selatan) yang jatuh kepada peserta dengan nama Putu Darmawan (Tehnik Pertambangan UNSRI 2013) dan Pusta Aryani (Tehnik Kimia Politehnik Negeri Sriwijaya 2013). Acara terahir yaitu Penutupan, yang dilaksanakan pukul 14.00 WIB. Maka dengan berakhirnya acara penutupan yang di tutup langsung oleh ketua PD KMHDI Sumatera Selatan (Putu Surya Adnyana) maka berahir pula acara MPAB VI PD KMHDI Sumatera Selatan, semoga kader yang dilantik nantinya memiliki komitment dan kosistensi yang besar di KMHDI dan tentunya tidak lepas dari Jati Diri KMHDI. Semangat untuk panitia, persiapkan diri untuk menyukseskan Kakilala III dan DMO V.

Komentar Anda