LOKASABHA X PD KMHDI SULTRA “PERAN KMHDI SEMAKIN NYATA”

Indonesia adalah penghasil karet terbesar di dunia. Ungkapan itu bukan dalam arti denotative namun ungkapan untuk menggambarkan kebiasaan orang yang dalam setiap kegiatan selalu molor dari jadwal yang sudah ditetapkan, itulah yang terlukis dari pelaksanaan Lokasabha X PD KMHDI Sulawesi Tenggara, Sabtu 25 Mei 2013.
Bertempat di Wantilan Pura Jagadhita Kendari, kegiatan pembukaan yang seyogyanya dimulai pukul 08.00 wita molor sampai pukul 09.00. Hal ini dikarenakan panitia masih menunggu kehadiran kader KMHDI Sultra yang selaku empunya gawe belum juga muncul. Dilain pihak tamu undangan dan para alumni sudah datang sesuai dengan jadwal yang tertera pada undangan. Melihat undangan yang cukup lama menunggu, panitia mengambil sikap untuk memulai acara meski masih banyak kursi yang terlihat tidak bertuan. Tampak tamu undangan yang hadir dalam acara pembukaan Loka Sabha X PD KMHDI Sultra itu dari unsure PHDI Propinsi Sultra(BDN, Badan Penyiaran Hindu, BMW, Ketua IWUH), Pembimas Kanwil Kementerian Propinsi Sultra, DPP Peradah Sultra, PHDI dan WHDI Kota Kendari, Ketua Banjar Sindu Merta Kendari. Dari Pimpinan Cabang tampak Ketua PC KMHDI Konawe hadir lengkap dengan sekretaris, bendahara dan kadernya. PC KMHDI Kolaka diwakili oleh sepasang kader sedang PC KMHDI Bau-bau mengirim dua orang kader.
“ Saya selaku ketua panitia mewakili teman-teman panitia yang lain menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam acara ini tidak semaksimal seperti yang diharapkan”, ucap Wisnu Astika selaku ketua panitia mengawali laporannya. Kegiatan yang hanya disiapakan selama empat hari ini akhirnya bisa berjalan meskipun masih terdapat banyak kekurangan disana-sini. Wisnu juga menambahkan kegiatan Lokasabha dengan mengusung Tema “Menciptakan Pemimpin Muda Hindu yang Kreatif dan Berdaya Saing Tinggi” ini diharapkan dapat menghasilkan seorang pemimpin yang benar-benar berkualitas dan mampu membawa KMHDI kearah yang lebih baik, serta mampu menyelesaikan segala masalah yang ada di KMHDI SULTRA, baik itu masalah internal maupun eksternal.
Wayan Sukardiasa dalam sambutannya selaku Ketua PD KMHDI Sultra mnyampaikan KMHDI Sultra sebagai organisasi kader yang mempunyai Visi dan Misi untuk mendidik kader-kader mahasiswa Hindu yang berkualitas yang turut berperan dalam mengemban Dharma Agama dan Dharma Negara dengan berupaya membentuk kader-kader yang berbudi pekerti luhur, menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang brahmacari serta menjadi social control yang senantiasa membangun generasi muda Hindu yang lebih baik untuk masa depan agama, bangsa dan negara yang tercinta ini.
Poin yang disampaikan oleh Ketua PD KMHDI Sultra di atas dipertegas lagi oleh Presidium Pimpinan Pusat KMHDI. Hasil dari proses kaderisasi yang dilakukan selama ini dapat kita lihat dari keberhasilan kader yang meskipun diberikan waktu sangat singkat yaitu empat hari dapat menyiapkan acara semeriah ini. Ketut Nata selaku Presidium PP KMHDI melanjutkan bahwasanya Eksistensi KMHDI di Sultra terlihat semakin nyata. Hal ini dapat dibuktikan dari espektasi tokoh umat hindu di Sultra yang mengatakan, Grand Design yang sudah dirancang oleh PHDI Sultra tidak akan berjalan tanpa peran serta kader-kader KMHDI Sultra. Peran yang diambil oleh PD KMHDI Sultra untuk turut mensosialisasikan Grand Design PHDI ini sampai ke desa-desa sangat strategis. Eksistensi dan kehormatan yang sudah kita terima hendaknya terus dijaga dan diusahakan dengan jalan meningkatkan prestasi, daya tahan terhadap kondisi apapun dan mampu mengemban kepercayaan yang diberikan, pungkas Nata yang selanjutnya membuka acara Lokasabha secara resmi.
Acara kemudian dilanjutkan dengan break yang disuguhi hiburan dari Vocal Group PD KMHDI Sultra dengan membawakan lagu Mars KMHDI, Tatwam Asi, dan ABCD (Anak Bali Cinta Damai) yang merupakan ciptaan dari Putu Avantara Sadhaka dan Wisnu Astika salah seorang kader KMHDI Sultra. Pada masa rehat ini kader yang datang sudah semakin banyak. Setelah rehat, acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil survey terhadap penerimaan masyarakat Hindu Sultra terkait program IWUH (Iuran Wajib Umat Hindu) yang merupakan bagian dari Grand Design PHDI Sultra oleh Eka Saputra selaku Sekretaris PD KMHDI Sultra. Pada sesi ini PD KMHDI Sultra kembali menunjukkan perannya yang semakin nyata kepada umat. Hasil survey yang diperoleh tentunya sangat berguna untuk rencana perbaikan program sehingga hasil yang diharapkan akan dapat tercapai.
Persidangan yang merupakan inti dari acara ini baru bisa dimulai pukul 13.15 wita. Peserta tampak begitu antusias mengikuti setiap pleno. Hal ini terlihat dari intensitas debat yang banyak antar peserta sidang. Tidak ada kendala yang berarti selama persidangan sampai pada sidang formatur.
Pada tahap penjaringan bakal calon ketua didapatkan 10 bakal calon ketua, yaitu Wayan Sukadana, Eka saputra, nyoman Murdana, Gusti Bayu Edi, Crysty, agung, Yuli, Edi, Putu Avantara dan Riki. Selanjutnya seleksi awal (pernyataan kesediaan) terhadap masing-masing calon yang dilakukan oleh formatur secara langsung dan terbuka menghasilkan calon ketua sejumlah dua orang, yaitu Wayan Sukadana dan Nyoman Murdana. Tahap selanjutnya adalah penyampaian Visi dan Misi oleh masing-masing calon yang mendapatkan sambutan yang meriah dari peserta sidang dengan pertanyaan yang bertubi-tubi. Sebelum voting dalam pemungutan suara dilakukan, terlebih dahulu dilakukan musyawarah untuk mufakat yang menghasilkan kesepakatan bahwasanya Wayan Sukadana sebagai ketua dan Nyoman Murdana sebagai Sekretaris.
Lokasabha X PD KMHDI Sultra ditutup dengan dilaksanakannya pelantikan terhadap pengurus baru periode 2013-2015. Acara penutupan berjalan dengan lancar meskipun sedikit tersendat pada pelantunan Hymne KMHDI yang belum pernah diperdengarkan di Sultra. Sebagai pemungkas acara dalam sambutannya presidium menitip pesan agar kepercayaan yang sudah diterima oleh ketua dan jajarannya hendaknya dijaga dan diemban dengan baik, sebab sekali saja kita menghianati kepercayaan yang diberikan orang maka selamanya kita tidak akan mendapatkannya lagi.
Satyam Eva Jayate…..

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai