TOT IX KMHDI REGIONAL SULAWESI

OM SWASTYASTU
Acara TOT IX KMHDI Regional Sulawesi dilaksankan pada tanggal 28 Desember 2012-1 Januari 2013 di Balai Pelatihan Kesehatan Malalayang kota Manado. Acara pembukaan TOT IX KMHDI Regional Sulawesi dilaksanakan di Aula Bapelkes Malalayang pada hari Jumat, 28 Desember 2012 yang dimulai pada jam 09.00 Wita. Dalam acara pembukaan di Hadiri oleh PD/PC dan Komisariat KMHDI se Regional Sulawesi yang berjumlah 26 Peserta Pelatihan, 10 Fasilitator dan yang lainnya adalah panitia dan tamu undangan yang terdiri dari Perwakilan Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Perwakilan Bimas Hindu Provinsi Sulawesi Utara, PHDI Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Manado, Peyelenggara Bimas Hindu dan Buddha Kota Manado, Peradah Provinsi dan Kota Manado, Tokoh-Tokoh Agama, Tokoh-Tokoh Masyarakat dan Tokoh-Tokoh Pemuda.

     Acara pembukaan diawali dengan Tari Panyembrahma yang merupakan salah satu tarian bali yang dikenal sebagai tari penyambutan tamu dan juga beberapa rangkaian acara lain diantaranya tarian Cendrawasih dan Vokal Grup KMHDI yang mempersembahkan 2 buah lagu yaitu Bintang cemerlang dan Sipatokaan pada acara ramah tamah. Acara TOT IX KMHDI Regional Sulawesi dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini diwakili oleh Kabag TU Kanwil Agama Provinsi Sulawesi Utara bpk. Hj. Lily Rasmana, S.Ag, M.Si dan didampingi oleh Ketua Panitia, Ketua PD KMHDI Sulut, PP KMHDI, PHDI Sulut dan Perwakilan Bimas Hindu Sulut.

Sebelum acara pelatihan dimulai, dilakukan perkenalan antara peserta pelatihan, fasilitator dan panitia. Setelah perkenalan, dilakukaan diskusi untuk menyamakan persepsi TOT dan matrikulasi yang dimoderatori langsung oleh Pimpinan Pusat dilanjutkan dengan pemabagian kelompok menjadi 4 kelompok dan masing-masing kelompok diberikan study kasus untuk dipresentasikan.

Beberapa materi yang dimasukkan dalam TOT IX KMHDI Regional Sulawesi yaitu :

1)        Materi Kaderisasi KMHDI dan Filosofi Pendidikan Partisipatif  dibawakan oleh Dwija Suastana.

2)        Materi Icebreakers—Energizer dibawakan oleh I Wayan Mahayasa

3)        Materi SWOT dibawakan oleh Gusti Bayu Pramana

4)        Materi Untuk apa saya ada di KMHDI dibawakan oleh I Gede Sugiarsa

5)        Materi Games yang dibawakan oleh I Wayan Mahayasa

6)        Materi Brainstorming dibawakan oleh Dennik

7)        Materi Analisa, Evaluasi Program Pelatihan dibawakan oleh Gusti Bayu Pramana

8)        Materi Konsep Andragogi dibawakan oleh Eka Saputra

9)        Materi Retorika dibawakn oleh Ni Made Suriati

 

Pada hari berikutnya, sebelum masuk pada pelatihan seperti hari sebelumnya dilakukan senam yoga untuk menyegarkan tubuh dan fikiran. Setelah itu dilanjutkan pada simulasi/praktik perindividu sesuai materi yang mereka dapat pada saat pencabutan undi. Dalam simulasi individu selain fasilitator yang menjadi komentator dan memberikan penilaian secara tertulis, setiap peserta juga diperbolehkan untuk mengomentari kelebihan dan kekurangan dari temannya yang membawakan materi.

Setelah simulasi dilanjutkan dengan ujian tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 50 nomor. Dengan berakhirnya ujian tulisan maka berakhir pula kegiatan pelatihan dan masuk pada acara penutupan. Acara penutupan dimeriahkan oleh peserta TOT dengan menampilakan sebuah drama/lawak singkat. Dalam acara penutupan dibacakan 3 peserta terbaik yaitu atas nama Putu Avantara sebagai peserta terbaik 1, Dwi Meiviyanti sebagai peserta terbaik 2 dan Ni Putu Devi Astuti sebagai peserta terbaik 3. Masing-masing peserta terbaik diberikan hadiah berupa tropi, sertifikat dan baju KMHDI. Selain itu dalam acara penutupan diserahkan pula cendra mata untuk masing-masing PD/PC dan juga sertifikat untuk masing-masing peserta dan fasilitator. Acara penutupan ditutup langsung oleh Gusti Bayu Pramana selaku PP KMHDI. Usai acara penutupan dilanjutkan dengan sembahyang bersama untuk menyambut tahun baru kemudian pesta petasan serta karaoke dan juga joged bersama dalam suasana penuh kekeluargaan.

Pada tanggal 1 Januari 2013 dilaksanakan rekreasi dibeberapa tempat wisata di Sulawesi Utara diantaranya Bukit Kasih, Danau Linau, Pura Danu Mandara Tondano dan berakhir di Bioskop utk Nobar 5 Cm, “Kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih dari biasanya. Mata yang akan melihat lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas. Lapisan tekad yang 1000 kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekertja keras dasi biasanya serta mulut yang akan terus berdoa”.

 Satyam Eva Jayate

Komentar Anda