Selamat Natal

Bertepatan di acara Dharma Bhakti Malang, pada tanggal 23 Desember 2012. Penulis mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.
Perwakilan Pimpinan Daerah KMHDI Jatim dan Panitia Dharma Bhakti Malang ke-26 berkesempatan mengucapkan selamat natal kepada umat di Desa Kesamben, Kec. Ngajem- Malang.
Hal ini mengajarkan bahwa rasa nasionalisme haruslah dipupuk. Hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab pimpinan pusat semata.
Tidak dapat dipungkiri bahwa perbedaan bangsa Indonesia mengakar dari desa terpencil. Belakangan ini telah banyak berita pertikaian yang terjadi, tragedi Lampung dan bahkan pertikaian ormas di Bali. Hal – hal seperti ini perlu mendapat perhatian dari kader. Kader dari seluruh nusantara, perlunya memiliki kesadaran bahwa KMHDI juga merupakan bagian dari umat agama lainnya. Bagian dari penjaga hak golongan, namun juga sebagai pelaksana kewajiban terhadap negara.
Salah satu konsep Tri Hita Karana, yaitu pawongan janganlah sampai dilupakan. Pawongan yang berasal dari kata wong, merupakan ajaran mengenai bagaimana umat Hindu dapat menjaga hubungan yang baik dengan sesama manusia.
Hal ini tidak terbatas hanya umat seDharma, namun juga agama lain tentunya. Karena tentunya dengan menerapkan konsep ini, kita dapat menjaga nasionalisme Bangsa Indonesia.
Pesan natal, pesan KMHDI,
Jaya Indonesiaku!
Satyam Eva Jayate!

Komentar Anda