WORKSHOP REMAJA PRANIKAH

 MEWUJUDKAN KELUARGA HINDU YANG SUKINAH 

JAKARTA. Sejumlah muda mudi hindu di Jakarta mengikuti sebuah acara menarik yang dilaksanakan oleh Bimas Hindu DKI Jakarta. Acara yang dilaksanakan oleh Bimas Hindu DKI Jakarta berupa kegiatan Workshop Remaja Pranikah yang bertempat disalah satu hotel Jakarta.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang peserta muda-mudi Hindu dari wilayah DKI Jakarta, Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, serta Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma UI. Dalam kegiatan Workshop Remaja Pranikah peserta diberikan pembekalan mengenai proses membentuk keluarga yang sukhinah berdasarkan Veda dan agama Hindu, prosedur hukum dan agama pencatatan perkawinan, mempersiapkan kehidpan berkeluarga, mencari pasangan yang tepat, dan menyelesaikan permasalahan dalam diskusi kelompok.

Dari pembekalan, diskusi kelompok, dan presentasi oleh para narasumber terbukti cukup bermanfaat dalam membuka pandangan peserta workshop tentang arti sebuah perkawinan yang sakral dan melibatkan seluruh aspek kehidupan. Lebih jauh lagi, banyak permasalahan umat yang dibahas dalam diskusi antarpeserta workshop dan antar peserta dengan narasumber. Beberapa diantaranya adalah perkawinan beda warna, perkawinan beda agama, hubungan kecocokan pasangan dan upakara perkawinan dengan kehidupan pasca perkawinan, criteria pemilihan calon pasangan yang ideal menurut Hindu sampai dengan pengetahuan bagaimana mengetahui kecocokan calon pasangan melalui perhitungan hari kelahirannya.

Banyak hal yang dibahas dalam Workshop Remaja Pranikah tahun 2012 tersebut. Apalagi narasumber yang memberikan pembekalan terhadap para peserta workshop ini memang orang-orang yang memiliki kemampuan mumpuni dibidangnya dan memiliki pengalaman yang baik dalam melaksanakan pembinaan umat.

Acara yang dibuka oleh Kakanwil Kementerian Agama DKI Jakarta ini berjalan dalam suasana yang sangat kondusif. Dalam sambutannya Kakanwil kemneterian Agama DKI Jakarta mengharapkan bahwa kegiatan ini akan dapat memberikan dampak yang positif bagi para peserta, terutama dalam upaya persiapan untuk mengadapi tahapan kehidupan selanjutnya yakni menciptakan keluarga yang sukinah.

Demikian pula penyampaian yang disampaikan oleh Pembimas Hindu DKI Jakarta, Drs. I Gede Jaman, M.Si. para peserta nantinya diharapkan dapat menularkan energi positif dikalangan generasi muda demi tujuan memajukan Hindu dan menciptakan manusia Hindu yang Kaya, Sakti, dan Bertaksu di bumi Nusantara. Pemuda adalah pemilik masa depan dari yang muda mengubah dunia, untuk itulah persiapan diri yang matang tentang bagaimana merajut masa depan yang gemilang.

Tampak dalam kegiatan tersebut beberapa kader KMHDI baik dari pengurus PP KMHDI, maupun yang dari PD KMHDI Jakarta, menurut mereka acara ini sangat baik dalam rangka meningkatkan pengetahuan remaja hindu, terutama agar tidak gegabah dalam menentukan calon pasangan hidupnya

(Oleh : Made Miarsana)

 

FOTO BERSAMA PERSERTA WORKSHOP PRANIKAH DENGAN PANITIA

Komentar Anda