MPAB PD KMHDI SULAWESI SELATAN

“Unity In Diversity”

 

MAKASSAR@kmhdi.org. Kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) adalah suatu masa dimana calon kader diberikan pengetahuan dasar mengenai KMHDI. Karena ini merupakan suatu masa, maka pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan daerah yang bersangkutan tanpa mengurangi esensinya. Pada akhir sesi MPAB akan dilakukan pelantikan anggota baru.

Adapun tujuan diadakan MPAB ini untuk meningkatkan jumlah kader, menjaga keberlangsungan proses kaderisasi, dan memperkenalkan nilai-nilai yang dianut oleh KMHDI. Kegiatan MPAB PD KMHDI SULSEL diselenggarakan tanggal 3-4 November 2012 di Bantimurung Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

Jumat, 2 November 2012 acara pembukaan diselenggarakan di Gedung Vyata Sathya Karma, Pura Giri Natha Makassar yang dihadiri PHDI Sulawesi Selatan, Ketua PHDI Kota Makassar, Peradah, WHDI,  Banjar,  PC KMHDI Kota Palopo, para alumni, dan pengurus serta para calon anggota baru PD KMHDI SULSEL.

Kegiatan MPAB ini mengangkat tema “Unity In Diversity” yang artinya bersatu dalam perbedaan. Tema ini diangkat karena diharapkan anggota baru yang bergabung di PD KMHDI SULSEL ini dapat tetap bersatu walaupun mereka adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan dan dapat bersama-sama berproses sehingga dapat mewujudkan visi KMHDI yaitu wadah pemersatu dan alat pendidikan kader mahasiswa Hindu Indonesia. Acara MPAB ini dibuka oleh bapak Drs. Simon Kendek Paranta’ selaku Pembimas Hindu Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Selatan.

Acara MPAB dilanjutkan di Bantimurung selama 2 hari, tempat ini dipilih oleh panitia karena dirasa cukup representative untuk semua proses pengkaderan bagi calon anggota baru. Ada beberapa materi yang diberikan pada kegiatan MPAB ini yaitu materi wajib dalam kegiatan MPAB KMHDI yaitu Weda dan Panca Srada, sejarah, ideologi dan strukrur KMHDI ditambah satu materi tambahan tentang motivasi.

Agar para peserta MPAB ini tetap semangat dan tidak  merasa bosan selama kegiatan maka panitia menyelingi dengan games yang seru untuk melatih daya kerja otak, mengakrabkan para peserta dan melatih kekompakan karena setiap games selalu membutuhkan kerja sama tim. Selain itu, ada juga kegiatan jurit malam yang ditutup dengan renungan.

Dan yang paling seru dan ditunggu-tunggu adalah manajemen konflik untuk memberikan shock teraphy kepada para peserta untuk menguji rasa solidaritas dari para peserta. Hasilnya rasa solidaritas dari para peserta dapat terjalin dengan cukup baik, meski para peserta hanya bersama dalam waktu yang singkat.

Kegiatan ini ditutup oleh Plt. Ketua PD KMHDI SULSEL Galih Ayuningrum yang sekaligus melantik 66 orang peserta MPAB, “Semoga keder baru PD KMHDI SULSEL ini benar-benar bisa merelisasikan tema MPAB yakni Unity In Diversity,  agar kita sebagai kader mahasiswa Hindu dapat menggalang persaudaraan yang kuat untuk kemajuan Hindu kedepan dan juga memberikan konstrubusi positif bagi masyarakat”.

 SATYAM EVA JAYATE………

Oleh : Made Dewi Suartari

Komentar Anda