Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) V PD KMHDI Sumatera Selatan 2012





Di tahun 2012 ini, MPAB V PD KMHDI Sumatera Selatan diadakan selama dua hari yaitu dimulai dari tanggal 06 – 07 Oktober 2012 yang diikuti oleh 22 peserta dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumatera Selatan, pelaksnaanya sendiri diadakan di Balai Serbaguna Pura Agung Sriwijaya, Jln. Seduduk Putih No. 19 Kenten Palembang. Dalam MPAB tahun ini, panitia penyelenggara yang diketuai oleh I Made Hadi Purnomo (Ketua Biro Kaderisasi) memilih untuk mengadakan MPAB dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tapi materi-materi yang terkandung didalamnya tetap ditekankan secara maksimal, agar tujuan kegiatan ini tidak menyimpang dari yang sebenarnya.

Konsep yang dimaksudkan berbeda dalam MPAB tahun ini adalah dengan menambahkan kegiatan-kegiatan diluar kegiatan utama MPAB, kegiatan tersebut adalah seperti berikut:

1.       Mengadakan  renungan  religi pada dini hari, yang bertujuan agar kader baru yang akan terdaftar sebagai anggota KMHDI sadar akan pola kehidupan manusia sekarang yang semakin non-religi (red:kafir) dan mebuka pikiran peserta bahwa hidup di daerah rantauan perlu sebuah wadah yang membina yaitu KMHDI.

2.       Mengadakan penggemblengan mental pada tengah malam, yang bertujuan agar peserta yang nantinya menjadi anggota KMHDI tidak hanya sekedar gabung (red:milu-milu deen) tetapi mampu aktif dalam kegiatan KMHDI dan mampu menyumbangkan gagasan-gagasan baru yang bersifat membangun KMHDI.

3.       Mengadakan pemilihan panitia ter- oleh peserta, hal ini diharapkan mampu menjadi bahan koreksi bagi setiap panitia. Misalnya, panitia yang terpilih sebagai panitia tercuek agar MPAB berikutnya dapat lebih berbaur kepada peserta.

4.       Pemilihan peserta teraktif, penilaian ‘aktif’ disini adalah dinilai dari keaktifan peserta dalam mengeluarkan pendapat saat penyampaian materi, berinteraksi dengan sesame peserta, dan keaktifan dalam setiap kegiatan-kegiatan lainnya. Tujuannya adalah agar peserta lainnya termotivasi dengan keatifan peserta yang terpilih. Peserta yang terpilih sebagai peserta teraktif dalam MPAB V PD KMHDI Sum-Sel adalah Wayan Sume, Wayan , Agung, Pebri (red: Selamat ya..!! :D)

Keempat kegiatan diatas merupakan kegiatan tambahan dalam pelaksanaan MPAB  PD KMHDI Sumatera Selatan, sebenarnya masih ada kegiatan-kegiatan tambahan lainnya yang diberikan misalnya ngayah di Pura Agung Sriwijaya, dan lain sebagainya.

       Perbedaan konsep MPAB tahun ini diharapkan dapat menjadi cetusan awal bagi PD KMHDI Sumatera Selatan, dimana kader baru yang akan menjadi anggota dapat terangkul oleh senior-seniornya, sehingga dari 22 peserta yang terdaftar setidaknya 75% dapat aktif dan mampu menjadi penerus perjuangan KMHDI selanjutnya.

Dengan itu, diharapkan juga bahwa MPAB VI PD KMHDI Sumatera Selatan selanjutnya dapat berjalan dengan maksimal tentunya lebih sukses dari MPAB V tahun ini, dan kepada anggota baru semoga dapat aktif dan berkomitment dalam memperjuangkan KMHDI.

 

 

 




Komentar Anda