JEJAK UMAT DI PURA SHANTI RAHAYU-BANYUWANGI

SURABAYA@WARTAKMHDI. 

Pura Shanti Rahayu terletak sekitar 2.5 Km di sebelah utara Pura Agung Balambangan tepatnya di Desa Tembok Rejo Kec. Muncar Kab. Banyuwangi Jawa Timur.



Sejak tahun 1984 Pura ini mulai ramai dikunjungi warga untuk persembahayangan, yang saat itu konon masih berpagar bambu dengan Padmasana yang sederhana.

Pura Shanti Rahayu mulai di pugar tahun 1992, pembangunan diawali dengan pagar keliling seluas 720 m2 di atas tanah seluas 1.788 m2 . Karena Padmasana merupakan bangunan yang harus diprioritaskan, maka sejak tahun 1977 pembangunan difokuskan pada pembangunan Padamasana. 

Hingga saat ini baru dua tahap pembangunan tersebut yang sudah dilakukan, sementara bangunan lain akan dibangun bertahap sesuai dengan kesiapan/pendanan pengemongnya.

Menurut sumber yang dapat dipercaya (PHDI Kec. Muncar dan Ketua Pembangunan), ada harapan dari 48 KK warga sekitar pura (termasuk warga lain di desa lain) untuk menjadikan keberadaan Pura Shanti Rahayu setara dengan Pura yang lain di wilayah Banyuwangi. Untuk menuju harapan tersebut, beberapa kegiatan yang saat ini sedang dan akan dilakukan adalah membangun sarana dan bangunan suci lain sesuai dengan bentuk dan fungsinya (*).

Catatan Redaksi :

Saat ini, Warga, PHDI Muncar dan PHDI Banyuwangi sedang mempersiapkan rencana pemugaran Pelinggih dan Bangunan Pura. Kawan-kawan sedharma yg berkenan Medana Punia, bisa menghubungi Panitia Pembangunan di :
Hp. 081336135616 atau 082142962858

(WARTA KMHDI)

Komentar Anda