Aplikasi Kalender Bali

Hidup di jaman digital sekarang ini banyak dari benda-benda yang ada saat ini mengalami digitalisasi, seperti surat, mesin-mesin simulator dalam pembelajaran, dan sebagainya. Ini pun membawa pengaruh pada keberadaan kalender Bali yang selama ini dibuat secara manual sekarang sudah mengalami digitalisasi dalam bentuk aplikasi baik di komputer maupun perangkat mobile. Berikut ini ada beberapa aplikasi Kalender Bali dari hasil pencarian di internet.

BalaBali Kalender
Aplikasi yang beralamat di http://www.balabali.com/id/balabali-kalender-id ini mampu berjalan di banyak platform diantaranya Apple Mac, Windows dan Linux. Fitur-fitur yang diberikan cukup banyak, diantaranya perhitungan wewaran, pawukon (wuku), ingkel, jejepan, pewatekan madya dan alit, eka jala rsi, lintang, pancasuda, pengarasan, rakam, dan zodiak; perhitungan penanggal/panglong, dan sasih; perhitungan ala ayuning dewasa (baik buruknya hari); perhitungan baya oton atau yang lazim dikenal dengan ruwatan; dan event maintenance : mencari, menambah, mengubah, dan menghapus event sesuai parameter (tanggal masehi, tanggal sasih, wewaran, wuku, dsb). I Putu Adhi Kerta Mahendra, sebagai salah satu pengembang dari aplikasi ini merilisnya secara gratis sehingga dapat didownload langsung dari situsnya.

Kalender Bali (BlackBerry)
Kalau sebelumnya adalah aplikasi untuk komputer desktop, yang ini merupakan versi yang berjalan di perangkat BlackBerry. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi Purnama, Tilem, Galungan, Kuningan, Nyepi dan sebagainya. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh user alitmd (I Made Alit Antartika) ini dapat juga menentukan hari Otonan serta mengaturnya sebagai System Reminder. Silahkan download aplikasi menggunakan BlackBerry App World dengan mengetikan kata kunci Kalender Bali di kolom pencariannya atau dapat ke alamat http://appworld.blackberry.com/webstore/content/58313/?lang=EN.

Kalender Bali (HP Java)
Sebenarnya selain aplikasi Kalender Bali versi Blackberry terdapat juga aplikasi untuk HP dengan Java MIDP yang non-smartphone, namun setelah mengunjungi situsnya tidak dapat diakses. Jadi belum bisa dipastikan apakah aplikasi ini masih aktif atau sedang ada kendala dalam web publikasi aplikasi tersebut. Sampai saat tulisan ini dibuat alamat http://buzdomain.com/kl/ belum dapat diakses, sehingga hanya bisa melihat review aplikasinya di http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7099269.

Bagi yang tertarik dapat segera mendownload melalui alamat yang diberikan ;-).

Gambar diambil dari www.kendra.de.

Komentar Anda