SARASWATI DI DESA CINTA MANIS KAB. BANYUASIN SUM-SEL

    Hari raya sarasawati adalah hari raya turun nya ilmu pengetahuan yang jatuh pada sabtu umanis watugunung yang mana Tuhan yang dipuja adalah Dewi Saraswati, sakti dari Dewa Brahma. Maka dari itu, PD KMHDI sum-sel mengadakan kunjungan ke desa Cinta Manis dalam rangka merayakan sekaligus memberi apresiasi terhadap hari raya saraswati. Disana para kader KMHDI mengadakan dharma tula yang menjelaskan tentang makna dan arti dari hari raya saraswati serta bagaimana cara melakukan suatu implementasi dari hari raya tersebut. Didalam diskusi tersebut siswa siswi yang ada didesa Cinta Manis sangat antusias atas dharma tula yang diberikan oleh Putu Surya Adnyana yang juga didampingi oleh beberapa kader KMHDI dan Pengurus PD KMHDI SUM-SEL. Antusias mereka ditunjukkan dengan pengajuan begitu banyak pertanyaan serta tanggapan yang kritis.
 
    Pada pagi hari nya, Rombongan PD KMHDI SUM-SEL bersama dengan umat setempat mengadakan persembahyangan bersama di pura desa Cinta Manis. Didalam persembahyangan tersebut, Ketua PD KMHDI SUM-SEL, Putu Surya Adnyana memberikan dharma wacana dengan Tema “Sradha dan Bhakti”. Beliau mengatakan, didalam beragama, Sradha (keyakinan) sangat penting karena dengan adanya sradha , akan menambah kemantapan dalam hidup baik lingkungan keluarga maupun sosial. Dengan kata lain, Sradha adalah pegangan, pedoman, ataupun dasar kita dalam kehidupan. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa manusia sebagai umat beragama hendaknya melaksanakan Bhakti kepada Sang Hyang Widhi, sebab Bhakti (kerja) adalah penyerahan yang utama.

    Tidak berhenti sampai disitu, acara kembali dilanjutkan dengan penyerahan buku yang diwakili oleh ketua biro OPK, Putu Darmada kepada ketua adat desa cinta manis. Penyerahan buku dilakukan bertujuan untuk memberikan tambahan bahan bacaan bagi adik-adik siswa siswi SD-SMA agar mereka tetap berada dalam lingkup perkembangan informasi dan wawasan akan semakin luas serta akan membuka paradigma mereka bahwa membaca adalah berarti membuka jendela ilmu. Pada akhirnya, serangkaian acara yang dilaksanakan di tutup dengan foto bersama segenap umat yang hadir pada persembahyangan dengan jajaran PD KMHDI SUM-SEL.

Komentar Anda