latihan jurnalistik dan presenter di jakarta

         Di jaman yang serba maju dan modern seperti sekarang ini, kegiatan jurnalistik dan presenter sangat diperlukan karena dapet membentuk jiwa kader – kader pemuda terutama KMHDI untuk bersaing tikat daerah, nasional maupun tingkat internasional. kegiatan ini dilaksnakan dua hari, yaitu tepatnya pada tanggal 17-18 desember 2011 di Gedung Perwakilan Daerah Bali Jln. Cikini 2 no 3 jakarta pusat. Didalam kegiatan tersebut di hadiri oleh empat propinsi yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, dan Jakarta.
         Pada hari pertama dilksanakan pembukaan yang dibuka oleh ketua BPH, dan dilanjutkan dengan penerimaan materi. Materi pertama adalah tentang etika jurnalistik, dilanjutkan dengan materi kedua yaitu materi tentang pembuatan berita dan naskah yg dibawakan oleh bapak  Ngakan Putu Putra. Beliau mengatakan didalam menyusun berita harus mengandung unsur 5 W dan 1 H. dilanjutkan dengan sembahyang bersama dan makan siang sampai pukul 14.00 Wib. selanjutnya materi ketiga di bawakan oleh ketua Daksine Phati Institute yang membawakan materi tentang junalistik. beliau mengatakan seorang jurnalis yang handal dan hebat adalah seorang yang beraani dalam mencari berita dan bisa melawan tantangngan -tantangan yang ada. setelah materi usai tepatnya pukul 17.30 peserta diklat di persilahkan ke kamar untuk mandi dan istirahat malam.
        Hari kedua dimualai  pukul 09.00 dengan materi hipnosis ( renungan ). disana nara sumber menjelaskan alam bawah sadar dan tidak sadar. setelah 1 jam menjelaskan sambil dialog pertanyaan, maka  15 menit untuk memperaktekkan apa yang disampaikan oleh nara sumber. didalam hipnosis ( renungan )ada beberapa peserta yang sampai nangis, karena didalam hipnosis tersebut materi yang diangkat adalah kemulyaan seorang ibu, sehingga dalam waktu 10 menit sudah ada peserta yang terhanyut dalam alam bawah sadarnya, yangn mengakibbatkan menangis  atau beasedih. Materi selnjutnya adalah latian presenter yang dibawakan dari TIM KREATI RCTI.
         Setelah materi semua selesai, maka acara diklat  jurnalistik dan presenter ditutup oleh bapak ketua Daksina Phati Institute, dan peserta kembali ke daerah masing – masing. semga dengan acara ini dapat menumbuk kan kader kader yang mantap.
semoga jaya lah KMHDI

by : putu surya adnyana

Komentar Anda