MPAB PC KMHDI SAMARINDA

Tidak terasa sudah delapan tahun organisasi PC KMHDI (Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia )Samarinda berdiri dan dari sekian tahun yang sudah terlewati tentu banyak kisah – kisah yang unik dan menarik untuk di ingat kembali. Ibarat seorang anak,kami (organisasi kmhdi ini terus beranjak dari tahap lahir, pembelajaran hingga implementasi pelaksanaan kebijakan organisasi kami maupun organisasi keagamaan lainnya.) pada tahun ini (seperti tahun – tahun sebelumnya dan menjadi agenda tahunan) kami melaksanakan  kegiatan MPAB (Masa Penerimaan Anggota Baru) tepatnya pada hari sabtu tanggal 15 Oktober 2011 bertempat di Pura Jagat Hita Karana Samarinda.

Acara dimulai pukul 16.00 wita dengan acara seremonial pembukaan. Acara berlangsung lancar dan terkendali. Dari beberapa sambutan yang disampaikan dari Ketua Panitia, Ketua PC KMHDI Samarinda, PHDI Kota serta Bapak A.A Gede Raka Ardita(PEMBIMAS HINDU KALTIM) yang sekaligus membuka acara, semuanya mengarah pada kader – kader muda. Artinya diharapkan nantinya semua kader – kader muda hindu untuk bisa menjadi pemimpin yang solid, kritis dan religious ( sesuai dengan tema kegiatan MPAB) dan selesai pukul 17.30 wita.

Lanjut pada acara kedua yakni pemberian materi – materi yang telah disiapkan sebelumnya sesuai jadwal. Pada materi awal mengenai pengenalan Weda dan Panca Sradha yang dibawakan langsung oleh bapak A.A. Gede Raka Ardita sampai selesai. Sebelum memasuki materi ke-2 kami sembahyang bersama. Setelah itu baru acara kami lanjutkan kembali dengan materi – materi yang disertai game – game kecil dan begitu seterusnya sesuai jadwal. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 25 orang. Waktu terus berjalan dan peserta cukup antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan tanpa terasa waktu menunjukan pukul 04.00. kegiatan ini kami anggap cukup luar biasa,mengapa? karena Jika melihat pada jadwal, acara MPAB ini kami perkirakan selesai pada pukul 01.00 wita saja namun melewati dari jadwal dan dari semua peserta maupun panitia hampir rata-rata tetap bisa bertahan (tidak ngantuk). kegiatan berlangsung cukup asik dan seru dimana pada saat salah seorang pemateri memberikan materi dengan santainya,membuat suasana tidak terlalu tegang,namun tetap asik untuk disimak dan tentunya penjelasan tentang KMHDI itu selalu ada. Baik lingkup PC maupun PD sampai PP.(pemateri merupakan Senior dan sekaligus Alumni KMHDI).

Dalam kegiatan MPAB ini kami berharap bisa menemukan kader – kader muda yang nantinya akan melanjutkan roda organisasi ini(KMHDI). Karena kami sadari bahwa tidak selamanya kami – kami ini yang akan duduk selamanya di KMHDI dan begitu pula dengan organisasi keagamaan lainnya dan juga lembaga – lembaga keumatan (PERADAH dan PARISDHA) yang tentunya memerlukan generasi penerus. Oleh karena  itu sangatlah dipandang perlu untuk ikut bergabung dalam suatu organisasi. Karena kehidupan kita ini tidak akan terlepas dari yang namanya organisasi. Segala sesuatunya pasti berkaitan dengan organisasi. Entah itu dalam hal bekerja atau usaha. Organisasi keagamaan  Hindu tidak hanya sebatas KMHDI saja, masih banyak organisasi – organisai keagamaan yang berlandaskan hindu di negeri ini. Maka dari itu mari kita berorganisasi dari yang kecil dahulu hingga merambah keOrganisai yang lebih besar. Semoga kelak kader – kader muda hindu tidak minder lagi untuk menunjukan dirinya dan siap menjdi pemimpin.

Satyam Eva Jayate…

 

Komentar Anda