“Ciptakan Jurnalistik Yang Berkarakter”

Mataram, KMHDI gelar Diklat Jurnalistik di Aula Handayani Kantor Dinas DIKPORA propinsi NTB 22-23 Oktober 2011 yang lalu. Acara yang di ikuti oleh pemuda dari elemen mahasiswa dan siswa sekota Mataram, sebagian wilayah Lombok barat bahkan dari Denpasar Bali.

Diklat yang diharapkan oleh panitia akan dibuka oleh Bapak Gubernur  Propinsi  NTB tapi dibuka oleh Presidium Pimpinan Pusat KMHDI, I Putu David Sastra, S.Pd. undangan yang hadir dalam acara tersebut  adalah Ketua PHDI Propinsi NTB, Perwakilan Pembimas Hindu Kemenag Propinsi NTB, Organisasi Kepemudaan  Se- NTB, anggota dan beberapa Alumni KMHDI NTB.

Ketua  PHDI Propinsi NTB, Drs. I Gede Renjana,MBA, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara-acara seperti ini perlu ditingkatkan lagi mengingat pengaruh globalisasi yang membuat akses untuk memperoleh dan menciptakan berita cukup mudah. “Mengingat pemuda sebagai agen perubahan dan mampu menciptakan pemikiran-pemikiran kritis maka mereka harus mampu untuk menulis berita sebagai media penyaluran aspirasi, bukan hanya bisa sebagai penikmat berita, guna dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” tambahnya.

“Yang melatar belakangi kegiatan ini adalah banyaknya faktor eksternal yang mempengaruhi generasi muda, khususnya  pemuda Hindu, yang senantiasa menyeret mereka ke arah yang  tidak produktif dan konstruktif,” ujar  Agus Nyoman Satriawan, S.Pd.H selaku ketua panitia ketika memberikan laporan.  Agus juga mengatakan bahwa generasi muda Hindu harus mampu berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat yang lebih efektif, disamping itu juga acara ini adalah salah satu usaha untuk mendukung program pemerintah dalam  membangun masyarakat yang lebih baik.

I Putu David Sastra, S.Pd Presidium Pimpinan Pusat KMHDI mengatakan  dalam kondisi berbangsa yang sangat memrihatinkan di tengah permasalahan ekonomi, Politik, Hukum, Keamanan, pendidikan  dan Kesehatan KMHDI sebagai salah satu komponen bangsa tetap konsisten untuk memberikan kontribusi positif salah satunya melalui Diklat Jurnalistik ini, mengingat peran central media dalam mengawal transparasi kinerja lembaga-lembaga Negara. David Sastra berharap melalui kegiatan ini  terciptanya jurnalis-jurnalis yang memegang teguh karakter bangsa demi terwujudnya masyarakat Indonesia madani.

Diklat dua hari ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber  yakni Ida Made Jelantik Satya  Weda , SE Alumni KMHDI, Abdul Rasyid Zaenal media Lombok Post dan M. Susanto Edison dari Detik Bali. Pada diklat hari ke-II (Minggu 23/11) pukul 07.00 Wita, peserta melakukan praktik peliputan dengan berjalan santai menuju ke  Taman Udayana yang dipilih sebagai lokasi mempraktikkan materi-materi jurnalistik yang sudah didapatkan oleh peserta pada diklat hari pertama. Satyam Eva Jayate..!!! (D.G Sanjaya Putra)

 

Komentar Anda