Liburan yang berkesan dengan “KPK” di Kupang oleh PD.KMHDI NTT

Liburan selama seminggu 29 Agustus s/d 4 Sept 2011 sangatlah berkesan bagi para muda/i di kota kupang, hal ini dikarenakan adanya KPK hadir di Kupang – NTT. Apa itu KPK ?? adalah merupakan "Kegiatan Pasraman Kilat" yang dilaksanakan oleh Pasraman Upanisada LPHD bekerja sama dgn PD.KMHDI NTT selaku Event Organizer / pelaksana kegiatan. Acara dimaksud guna memeriahkan Hari ulang tahun ke-18 yang bertepatan jatuh pada sabtu 3 september 2011 . Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di seluruh Indonesia juga merayakannya secara serempak. Yang menarik disni adanya kegiatan pasraman kilat yang berlangsung di pura Oebanantha Kupang dimana peserta yang ikut melibatkan beberapa siswa SD,SMP,SMA dan Kegiatan Pasraman Kilat (KPK) ini berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 3 september 2011 yang dibuka oleh Ketua PHDI Kota Kupang Dr. Nyoman Mahayasa. KPK ini tidak hanya bertujuan mengisi waktu luang dan merayakan HUT KMHDI saja namun juga untuk meningkatkan sradha dan bhakti para remaja Hindu di Kota Kupang. Bpk. Made Suardana Putra selaku Ketua Panitia Pasraman Kilat mengatakan Kegiatan Pasraman Kilat (KPK) membentuk remaja-remaja Hindu yang tidak hanya ber-KTP HINDU namun  dapat mengerti, memahami, mengamalkan ajaran-ajaran agama HINDU di kehidupan mereka setiap harinya.

Para peserta sangatlah antusias dibuktikan dengan puluhan siswa SMA dan SMP, bahkan beberapa siswa SD ikut berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan ini. KPK ini dibawakan oleh narasumber yang ahli di bidangnya, sehingga peserta tidak hanya mendapat materi saja namun juga peserta langsung praktek seperti belajar membaca sloka, mejejahitan (buat canang), menjadi MC (master ceremony), Senam Yoga Asana untuk kesehatan, japa mantra sampai dengan ilmu kewirausahaan. Pada Hari pertama kegiatan, para peserta datang ke Pura Oebanantha pukul 08.00 wita dan melakukan persembahyangan lalu melanjutkan dengan materi dan praktek. Mereka sangat bersemangat dengan materi yang diberikan sehingga tak pernah ada rasa lelah walaupun pulang pukul 17.30 wita. Ternyata ada rahasia yang membuat para peserta selalu bersemangat mengikuti kegiatan ini yaitu yel-yel yang selalu diteriakkan “ HINDU AGAMAKU, HYANG WIDHI TUHANKU, WEDA KITABKU, PANCA SRADHA DASARKU, SWASTYASTU SALAMKU” ini lah rahasianya. Jika sudah yel ini diteriakkan rasa kantuk, lelah, lesu,  akan hilang semuanya.
Berikut Videonya : http://kmhdintt.blogspot.com/

 
Kegiatan Pasraman Kilat (KPK) ini ditutup dengan acara api unggun yang dilanjutkan dengan bertemu untuk sharing bersama alumni KMHDI dan dihadiri pula oleh Mantan Presidium Pusat sdr.Agus Wirajaya (bli KiuL) yang sedang bertugas di Kupang NTT. Acara api unggun sangat berkesan bagi semua peserta dan panitia serta dimeriahkan oleh pembacaan puisi renungan hindu oleh Radha Padma dan juga Atraksi Yoga Asana, oleh si kembar Ayu dan Chitra, tidak lupa juga pemotongan tumpeng ulang tahun oleh ketua KMHDI NTT sdr. Yoga Bumi Pradana, sehingga acara pun berlangsung sangat meriah. Hari jadi KMHDI sangat berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, bukankah perubahan ke arah yang lebih positif juga perlu dilakukan ?? Semoga di umur KMHDI yang ke 18 semakin tambah dewasa, sukses setiap acaranya, dan sukses pula membawa perubahan-perubahan positif bagi lingkungan di Propinsi NTT. Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru. SATYAM EVA JAYATE….. JAYA. (RTG)
oleh : Admin INFOKOM KMHDI NTT
Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai