HUT KESATUAN MAHASISWA HINDU DHARMA INDONESIA KE – 18 DAMAI DI HATI DUNIA SELAMANYA

MATARAM. Pada hari Sabtu, 3 September 2011 kemarin merupakan hari yang bersejarah bagi anggota dan alumni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia di seluruh Indonesia. Karena tepat tanggal 3 September 18 (delapan belas) tahun silam, lahirlah sebuah organisasi kepemudaan yang menaungi mahasiswa dan mahasiswi Hindu di seluruh penjuru Indonesia, dengan nama Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia.

Seruan ”Satyam Eva Jayate” dan “Jaya” telah membahana mulai pukul 00.05 WIB terutama di akun facebook KMHDI serta akun para anggota dan alumni KMHDI yang sebagian besar status mereka adalah ucapan selamat ulang tahun untuk organisasi tercinta ini. Sukacita yang sama juga dirasakan oleh para anggota dan pengurus PC KMHDI Mataram dan PD KMHDI NTB yang pada hari yang sama juga mengagendakan Rapat Evaluasi Kegiatan Donor Darah Panitia Bersama dari PD KMHDI NTB dan PC KMHDI Mataram yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2011 lalu untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke – 66 dan dilanjutkan dengan acara Perayaan Ulang Tahun KMHDI dan Refleksi 18 Tahun  KMHDI.

Pukul 16.30 Wita seluruh panitia donor darah KMHDI serta anggota dan pengurus PC KMHDI MATARAM serta PD KMHDI NTB telah berkumpul di halaman Kampus STAH Gde Pudja Mataram untuk agenda tersebut. Pukul 17.00 Rapat Evaluasi Kegiatan Donor Darah KMHDI dimulai dengan dipimpin oleh Ketua Panitia Donor Darah, Ni Nengah Sudarsini. Rapat yang berjalan selama 2 jam ini diisi oleh beberapa evaluasi tentang kekurangan – kekurangan yang terjadi pada kegiatan tersebut dan saran perbaikan untuk kegiatan yang sama selanjutnya dari ketua PD KMHDI NTB, I Wayan Sutama, S.Sos.H. Tepat pukul 18.30 Wita Rapat Evaluasi Kegiatan Donor Darah ini ditutup dan dilanjutkan dengan acara perayaan ulang tahun KMHDI ke – 18.

Sebuah kue tart cantik bertahtakan lilin angka 18 telah siap di tengah – tengah para anggota yang hadir. Suasana ceria dan sukacita yang mendalam mewarnai hati tak kurang dari 25 orang anggota KMHDI yang hadir pada petang itu. Lilin dinyalakan dan diiringi dengan Mars KMHDI sebagai pengganti lagu Selamat Ulang Tahun, lilin ditiup bersama – sama setelah Mars KMHDI selesai dinyanyikan. “ Hyang Widhi merestui, karma yoga ini, damai di hati dunia, selamanya…..wuuusss” begitulah keriuhan yang terjadi pada petang yang bersejarah tersebut. Potongan kue pertama diberikan kepada I Desak Made Yoniartini, S.Pd. M.Pd.H selaku Presidium Pimpinan Pusat KMHDI 2010 – 2012 yang mewakili Pimpinan Pusat (PP) KMHDI. Acara dilanjutkan dengan refleksi 18 tahun KMHDI yang dipimpin oleh Ketua PC KMHDI Mataram I Ketut Nata, S.Pd.H.

Refleksi tersebut diisi dengan dialog bebas para anggota KMHDI tentang pencapaian KMHDI hingga di usianya yang ke – 18 serta suka duka anggota KMHDI selama berada dan belajar di organisasi yang bagi sebagian besar anggotanya dianggap sebagai sekolah gratis kepribadian bernilai ini. Pada refleksi tersebut, tentang lesunya pengkaderan menjadi isu utama yang dibahas disamping kegiatan – kegiatan KMHDI yang telah berhasil dilakukan di tubuh internal dan eksternal KMHDI di tiap – tiap pimpinan cabang dan pimpinan daerahnya. Adapun keberhasilan secara internal adalah konsistennya KMHDI dalam mencetak kader – kader yang berkualitias sesuai dengan Visi dan Misi KMHDI itu sendiri, contohnya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Dharma Camp (DC), Diklat Jurnalistik, Diklat Manajemen Organisasi (DMO), dan Training of Trainer (TOT) yang rutin dilaksanakan minimal sekali dalam setahun. Secara eksternal sebagai wujud bhakti pada umat, KMHDI juga secara rutin mengadakan kegiatan – kegiatan seperti bhakti sosial, donor darah, sembahyang rutin, serta keikutsertaan KMHDI dalam upaya penyelesaian permasalahan – permasalahan umat seperti perusakan pura – pura yang pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Acara refleksi tersebut berjalan sangat santai tetapi khidmat. Beberapa kali diselingi canda – canda serta celetukan usil para anggota yang membuat acara semakin berkesan hingga berakhir pada pukul 20.30 WITA.

Seluruh pengurus dan anggota PC KMHDI Mataram dan PD KMDI NTB sepakat bahwa diusianya yang ke – 18, kita sebagai  kader KMHDI masih harus sama – sama berbenah untuk memperbaiki kekurangan yang masih terjadi dan tetap belajar untuk menjadi pribadi yang senantiasa berkualitas serta bernilai melalui jalan Sevanam (pelayanan kepada alam), karena hidup adalah pelayanan (life is sevanam). Dirgahayu KMHDI, Jayalah selalu karena Hyang Widhi merestui karma yoga ini. “Satyam Eva Jayate!” (dhee)

Komentar Anda