Catatan Kaki Rakornas X KMHDI

Acara Rakornas X KMHDI telah terlaksana dengan baik di Palu, Sulawesi Tengah pada tanggal 9-11 September 2011. Kepnitiaan yang di organisir oleh kawan-kawan PD KMHDI Sulawesi Tengah begitu memberikan dedikasi yang tinggi sehingga acara ini bisa terselenggara dengan sukses. meski diawal kepanitiaan terbentuk belum tampak kesolidannya namun semua terbayar dengan apa yang telah ditunjukkan oleh panitia menjelang, saat dan pasca rakornas dilaksanakan.

Yang terpenting adalah saat pelaksanaan, panitia bela-belain tidak tidur hingga sekitar 3 hari demi menyukseskan Rakornas, pria wanita bahu membahu sampai fajar menyingsing menyiapkan tempat kegiatan, mulai dari angkat kursi, mengepel, dan hal2 yang lain dikerjakan dengan penuh antusias oleh panitia.

Kesan yang mendalam dari Rakornas adalah dari pengisi acara, terutama saat malam Dies 18 Tahun KMHDI dan malam Penutupan Rakornas. Saat malam dies, kolaborasi grup band lokal PD KMHDI SULTENG dengan Salah Seorang Peserta Rakornas dari Bandung membenamkan perasaan peserta Rakornas dalam perasaan yang begitu dalam untuk melakukan refleksi 18 tahun perjalanan KMHDI. Selanjutnya dalam penutupan Penampilan Bondres dari beberapa anggota KMHDI SUlteng lagi-lagi mampu membenamkan seluruh rasa letih peserta setelah perjalan panjang bertirtayatra di Desa Nambaru serta 3 hari dalam rutinitas Rakornas.

Tentu semua sisi acara memiliki catatan mendalam tersendiri. Selain yang dapat di rangkum oleh penulis. Ini sesuai dengan kesan yang masing-masing peserta Rakornas rasakan. namun yang menjadi bahan perbincangan hingga ke daerah tentu sebuah cerita "Mistis" yang menceritakan sebuah ritual untuk melihat sebangsa makluk halus yang biasanya dipakai untuk mencari pesugihan (baca Tuyul)… sungguh ini sebuah cerita tersendiri yang terus mengundang tawa setiap kali dingat oleh para peserta. Terutama yang secara langsung mengikuti "Ritual" cara Rahasia Melihat Tuyul ini… Sungguh sebuah cerita yang cukup berkesan, yang akan menjadi sebuah cerita lain di balik hiruk – pikuk Rakornas yang menjadi rutinitas Organisasi.

Akhirnya semoga melalui Rakornas X KMHDI, dapat diperoleh hasil2 yang maksimal sebagai kerangka untuk mengembangkan Organisasi KMHDI ini menjadi lebih baik dan terus lebih baik lagi… Salam Kenangan Rakornas X KMHDI… (Palu)

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai