The Social Wars

Saat ini di internet telah kedatangan satu lagi pemain baru dalam social war, Google+ dengan segala fiturnya yang akan bersiap mengungguli Facebook yang notabene sudah jauh lebih dahulu bermain dalam jejaring sosial ini. Walaupun belum mampu mengatasi jumlah user yang dimiliki oleh Facebook, Twitter dan Google mengeluarkan banyak fitur yang dapat dilihat sebagai peluang untuk mampu mengalihkan perhatian para user di Facebook. Walaupun pengayaan fitur oleh Twitter dan Google ini belum dilihat sebagai suatu tantangan berarti Facebook pun melakukan hal yang sama. Berikut ini merupakan daftar update fitur yang dilakukan oleh ketiga punggawa jejaring sosial ini:
Twitter
– Pemendek Link Otomatis menggunakan basis alamat t.co
– Image Sharing dengan alamat pic.twitter.com
– Setiap halaman profil memiliki kotak Tweet
– Pembuatan tab @username sebagai penggabungan @mentions dan tab retweet
– Pembuatan tab activity

Google+
– Menampilkan hasil pencarian pada google+ di Google Search Engine
– integrasi Game
– integrasi dengan Google Books.

Facebook
– Places
– Pengelompokkan status yang sejenis dengan rangkuman
– Chat sidebar
– Privacy everywhere
– Menampilkan status lama sewaktu menelusuri foto-foto
– Melaporkan konten kekerasan pada aplikasi facebook mobile
– Messenger untuk Android dan iPhone
– Pengenalan wajah pada foto

Sampai saat ini mereka tetap melakukan update untuk semua kemungkinan fitur yang mungkin dapat ditambahkan kedalamnya.

Dari semua ini terlihat bahwa persaingan dalam pengembangan media jejaring sosial kian ketat, apalagi dengan Google yang begitu beramibisi untuk dapat menyaingi Facebook mengingat sudah tiga kali Google mengembangan aplikasi sejenis ini seperti Google Orkut, Google Buzz dan terakhir Google Wave namun semuanya masih belum mampu mengatasi Facebook. Bahkan dengan terintegrasinya layanan Email ke dalam Facebook akan semakin mempengaruhi pengaruh Google di jagat maya ini. Bahkan sempat ada tulisan yang mengatakan bahwa Facebook is the new Google.

KMHDI.org sebagai salah satu media jejaring sosial tentunya juga akan tetap mengembangkan fitur-fiturnya, dengan orientasi pengembangan pada user, dalam hal ini adalah komunitas KMHDI baik yang telah bergabung ataupun yang baru bergabung. Dengan semakin banyaknya variasi dalam model media jejaring sosial ini diharapkan akan membuka kesempatan lebih banyak lagi bagi web KMHDI.org melihat berbagai kemungkinan fitur yang berdaya guna untuk ditambahkan pada web ini.

referensi:
socialmediatoday.com

msnbc.msn.com
gambar dari zagg.com.

Komentar Anda