Darahku untuk Indonesiaku

 Darahku untuk Indonesiaku

Tiga hari setelah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya Sabtu, 20 Agustus 2011, kegiatan Donor darah telah berhasil dilaksanakan oleh PD KMHDI NTB dan PC KMHDI Mataram. Kegiatan yang berlangsung di Markas PMI NTB ini terbilang cukup lancar dan sukses. Terbukti dengan terkumpul 70 kantong darah pada akhir kegiatan.

Tema yang diusung adalah darahku wujud kepedulian terhadap bangsa. Kegiatan ini selain dari program kerja, juga untuk merayakan kemerdekaan RI yang ke-66.

Makna kemerdekaan bagi setiap orang tentu berbeda, apalagi untuk merayakan hari kemerdekaan pasti memiliki cara masing-masing. KMHDI memiliki cara sendiri untuk merayakan hari Kemerdekaan RI yang ke-66. Bukan dengan hura-hura atau lomba-lomba yang sering kita saksikan namun dengan tepat untuk merayakan kemerdekaan RI. Darah yang merupakan hal yang sangat berharga bagi tubuh kita akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan, bahkan untuk menolong nyawa. Bahwa merdeka adalah tidak untuk dirasakan sendiri namun untuk semua orang yang berhak untuk itu. Momen yang diambil untuk melaksanakan kegiatan ini sangatlah tepat. Stok darah saat bulan puasa sangat kurang. Oleh karenanya, kegiatan donor darah ini berupaya untuk membantu mengatasi kekurangan stok darah tersebut.

Dalam sambutan Ketua PHDI NTB yang diwakili oleh Sekjen, yakni I Nyoman Widhiarsana, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada KMHDI. KMHDI sebagai organisasi pergerakan mahasiswa  telah membuktikan bahwa mahasiswa tidak hanya bisa berdemo namun dapat juga melakukan kegiatan kemanusiaan yang sangat bermanfaat. Di samping itu juga disampaikan bahwa PHDI NTB berencana dalam waktu dekat untuk membangun gedung sekretariat, yang nantinya jika sudah berdiri sekretariat tersebut dapat menjadi tempat kegiatan-kegiatan sosial seperti ini.

Kegiatan donor darah ini sangat disambut baik oleh PMI NTB. Dalam sambutannya, ketua PMI NTB, membenarkan bahwa stok darah yang ada sangat kurang, terkait bulan puasa ini. Di lain pihak, PMI sendiri harus melayani kebutuhan darah dari berbagai rumah sakit. Oleh karenanya, kegiatan donor darah ini sangat membantu menanggulangi kekurangan stok darah. Diakuinya juga kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh KMHDI ini patut dicontoh oleh organisasi-organisasi lainnya.

Ni Nengah Sudarsini, yang saat ini tercatat sebagai mahasiswi semester tiga jurusan pendidikan agama Hindu di STAHN Gde pudja Mataram adalah nahkoda dari kepanitian kegiatan ini. Kegiatan yang telah direncanakan lebih kurang tiga minggu ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Hal yang menjadi kendala yang diakuinya adalah sulit mengkoordinasikan panitia yang memiliki kesibukan masing-masing, sehingga terkadang tidak kurang terjadi miskomunikasi.

Natha, seorang pendonor, mengaku senang dengan kegiatan donor darah yang diadakan ini. Ia  juga terkesan terhadap apresiasi masyarakat, tidak hanya yang tidak berpuasa namun yang berpuasa pun ikut mendonorkan darahnya.

Di sela-sela berlangsungnya acara, tampak Yoni, presidium KMHDI, juga hadir untuk berpartisipasi mendonorkan darah. Ia mengatakan bangga terhadap rekan-rekan KMHDI yang bisa melakukan kegiatan sosial seperti ini. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk melaksanakan program kerja, tetapi juga menyambut HUT KMHDI yang jatuh pada tanggal 3 September.

Suksesnya kegiatan donor darah ini tidak lepas dari dukungan PMI yang telah menyediakan fasilitas donor dan tempat, dukungan dari sponsor yaitu Mataram Tenda, Betadine, Sophie Martin, dan Bank Danamon. (hwjg)

Komentar Anda