TOT KMHDI VII Regional Sulawesi

Untuk meningkatkan kualitas Kader-kadernya KMHDI terus melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang proses tersebut. Pendidikan dan pelatihan kader secara rutin dilaksanakan di berbagai tingkatan organisasi, baik dari Pimpinan Cabang (PC), Pimpinan Daerah (PD), maupun tingkatan Pimpinan Pusat (PP).

Materi–materi kaderisasi yang kini dimililiki KMHDI sudah semakin komplit dan disesuaikan dengan kebutuhan para kader dalam melanjutkan kehidupannya pasca studi atau saat nanti terjun ke masyarakat. Untuk menunjang life skill para kadernya KMHDI memiliki kaderisasi khusus antara lain, Diklat Jurnalistik, Diklat Kewirausahaan dan Diklat Kader Politik.

Disamping itu untuk menjaga kesinambungan kaderisasi dibutuhkan juga system kaderisasi untuk menciptakan pelatih-pelatih berkualitas di KMHDI. Karena salah satu indikator untuk menciptakan kader berkualitas maka diperlukan pula pelatih–pelatih yang berkualitas terlebih dahulu. Dalam kaitan itulah KMHDI yang berada di Regional Sulawesi melaksanakan kegitan Training of Trainer (TOT).

Kegiatan Training Of Trainer adalah agenda rutin yang dilaksanakan secara annual di Regional Sulawesi, Selain bertujuan untuk menghasilkan Pelatih-Pelatih Kaderisasi KMHDI Yang Berkualitas kegiatan ini juga untuk membangun komunikasi antar Mahasiswa Hindu yang ada di Tanah Sulawesi. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik diharapkan terjadi sharing informasi antar Pimpinan Daerah dan Pimpinan Cabang Cabang mengenai kondisi-kondisi umum organisasi dan jika memungkinkan dicarikan solusi secara bersama.

TOT KMHDI VII Regional Sulawesi kali ini dilaksanakan di Sulawesi Tenggara dimana Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia Sulawesi Tenggara (PD KMHDI SULTRA) menjadi tuan rumah. PD KMHDI SULTRA sendiri telah dua kali menjadi panitia pelaksana yakni tahun 2005 (TOT II) dan tahun 2010 ini.

                Kegiatan pembukaan TOT VII dilaksanakan di Wantilan Pura Jagadhita Kota Kendari dan dibuka oleh Bapak Gubenur Sulawesi Tenggara yang dalam hal ini diwakili oleh asisten II, dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Tanggara meminta dukungan dari KMHDI SUTRA selaku steakholder masyarakat Sulawesi Tenggara untuk turut mendukung program Pemerintah Daerah yakni program BAHTERAMAS (Bangun Kesejahteraan Masyarakat), dimana program ini memiliki 3 item pokok yakni :

  1. Sekolah Gratis dari SD, SMP, SMU.
  2. Kesehatan Gratis untuk masyarakat kurang mampu
  3. Dana Blok Grant 100 juta per desa per tahun

 Agenda TOT

                 Peserta Kegiatan ini adalah utusan Pimpinan Daerah (PD) dan Pimpinan Cabang (PC) KMHDI yang ada di Sulawesi, minus PC KMHDI Gorontalo yang berhalangan hadir dimana menurut ketua Panitia kegiatan, Luh Kambariani, S.Kom, jumlah pesrta yang  hadir sebanyak 40 peserta. Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini para peserta TOT diberikan pemahaman dan pendalaman tentang materi Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) dan materi Diklat Manajemen Organisasi (DMO) karena kedua jenis kaderisasi ini merupakan kaderisasi wajib di KMHDI. Setelah para peserta difasilitasi untuk mendalami materi-materi tersebut mereka selanjutnya diberikan beberapa teknik dasar untuk tampil membawakan materi tersebut, yakni bagaimana menjadi pemateri yang baik agar pesan yang terkandung dalam materi tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada kader-kader muda KMHDI selanjutnya.

Dihari terakhir para peserta diberikan contoh kasus untuk melatih kemampuan mereka berorganisasi, dimana materi dasarnya terkait dengan fungsi-fungsi manajemen, bagaimana membuat sebuah perencanaan, bagaimana mengorganisasikannya, bagaimana melaksanakan kegiatan hingga bagaimana melakukan evaluasi atas hal tersebut.

Sementara itu Presidium PP KMHDI yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara maupun peserta TOT, dalam sambutannya Made Miarsana menyatakan “Training Of Trainer yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun ini sangat positif untuk menjaga kontinuitas pelatih KMHDI agar terus bisa melahirkan kader yang berkualitas, disamping itu kegiatan seperti ini juga sangat baik untuk menjalin komunikasi antar PD/PC KMHDI lintas daerah, karena kini KMHDI telah memiliki 30 PD/PC di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkannya diperlukan sebuah acara seperti ini, semoga kegiatan seperti ini dapat dijadikan contoh didaerah lain. Disamping itu kawan-kawan harus bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa KMHDI bisa memberi kontribusi positif dalam pembangunan Sumber Daya Generasi Muda Hindu Indonesia, sesuai dengan yang dicita-citakan KMHDI diawal pendiriannya”.

Komentar Anda