GELIAT ORGANISASI DI KMHDI BALI

Generasi muda bali sebagai salah satu bagian masyarakat bali memiliki peran yang sangat penting dalam perubahan dinamika dan budaya masyarakat seiring perkembangan teknologi yang kian canggih mempengaruhi budaya konsumtif masyarakat bali sendiri, karena teknologi sebagai jembatan antara individu dengan individu ataupun kelompok dengan kelompok terasa tanpa jarak  membuat pertukaran budaya dan pertukaran informasi begitu cepat yang tidak dibarengi oleh SDM yang mampu untuk menyaring informasi sebagai filterisasi budaya yang dapat merongrong budaya lokal.

KMHDI Bali sejak didirikan pada tahun 1995 berkomitmen menjadi garda terdepan dalam menjaga, melindungi, dan mengembangkan budaya bangsa sesuai apa yang tersirat dalam Asta Prasetya Brahmacarya (ikrar KMHDI). Secara sadar proses ini tidaklah mudah namun hal ini bukan halangan untuk terus berproses. KMHDI Bali pun menyadari bahwa beberapa tahun belakangan minimnya minat mahasiswa untuk mau ikut berproses menggembleng diri demi meningkatkan kualitas diri demi kepentingan bersama. Bermodal semangat dan jiwa ngayah tetap berkomitmen melaksanakan karma yoga demi cita-cita luhur yang tertuang dalam visi KMHDI yaitu sebagai wadah pemersatu dan alat pendidikan kader mahasiswa Hindu dengan harapan akan terwujudnya masyarakat Hindu yang aman, damai, dan sejahtera. Sebagai sebuah komitmen kader-kader KMHDI yang ada di Bali beberapa minggu lalu beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang KMHDI yang ada di Bali.

Sebagai wujud berlangsungnya salah satu proses kaderisasi yaitu regenerasi kader pengurus yang memberikan peluang kepada kader untuk ikut serta berproses langsung dalam kepengurusan. Hal ini dilakukan oleh Pimpinan Cabang KMHDI Denpasar yang melaksanakan Sabha VII PC KMHDI Denpasar karena masa jabatan pengurus PC KMHDI Denpasar periode 2008-2010 telah berakhir. Sabha VII PC KMHDI Denpasar dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2010 bertempat di kampus UNHI (Universitas Hindu Indonesia) Denpasar yang dibuka langsung oleh Presidium Pimpinan Pusat KMHDI.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari telah mendengarkan, menetapkan, memutuskan laporan pertanggung jawaban pengurus periode 2008-2010  dan memilih ketua PC KMHDI denpasar yang baru. Dalam proses tersebut maka terpilihlah I Gusti Ngurah Ary Bayu Pramana sebagai ketua PC KMHDI denpasar periode 2010-2012, Ida Ayu Sudewi Sandhi sebagai sekretaris, dan Ni Ketut Aswina Putri sebagai bendahara. Setelah terbentuknya susunan kepengurusan PC KMHDI Denpasar periode 2010-2012 pada tanggal 23 Januari 2011 pengurus periode 2010-2012 dilantik langsung oleh Presidium PP KMHDI sekaligus dirangkai dengan Rakercab VII yang dilaksanakan selama satu hari mengambil tema “Tingkatkan Eksistensi,Kwalitas, dan Loyalitas Kader KMHDI dalam Berorganisasi” bertempat di gedung pasca sarjana IHDN Denpasar. Pelantikan serta Rakercab VII PC KMHDI Denpasar diikuti oleh seluruh jajaran pengurus PC KMHDI Denpasar yang baru dan anggota serta peninjau dari PD KMHDI Bali dan PC KMHDI yang ada dibali. 

Selain PC KMHDI Denpasar PC KMHDI yang lain pun ikut bergeliat menunjukkan komitmennya untuk melaksanakan proses kaderisasi dalam mewujudkan visi dan misi KMHDI. PC KMHDI Bangli sebagai PC KMHDI yang paling muda di bali melaksanakan pengenalan dan perekrutan anggota baru untuk yang ke dua kalinya pada tanggal 20-22 Januari 2011 didampingi oleh presidium yang memberikan pembekalan kepada pemateri MPAB yang membawakan materi-materi KMHDI. Kegiatan MPAB diikuti oleh 21 orang pesarta yang berasal dari kampus IHDN.

Senada dengan hal di atas PC KMHDI Badung pada tanggal 11-13 Februari 2011 bertempat di pura Sakenan Denpasar juga dilaksanakan kegiatan MPAB yang diikuti oleh 16 orang peserta berasal dari kampus Udayana dan Politeknik Negeri Bali, setelah beberapa tahun tidak melaksanakan proses regenerasi dan kederisasi. Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Presidium Pimpinan Pusat KMHDI sekaligus mendampingi selama kegiatan berlangsung. Semangat dan komitmen dari pengurus yang beberapa tahun “vakum” serta dukungan dari PD dan PC KMHDI yang ada dibali didampingi oleh PP dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari diisi dengan materi-materi KMHDI dan diskusi tentang kondisi keumatan dan kasus-kasus yang terjadi dan game-game untuk menghilangkan kejenuhan peserta.

(Laporan Oleh I Dewa Putu Wirajaya)

Komentar Anda