RAKERDA V PD KMHDI JABAR

Dalam suatu kebersamaan dan kesederhanaan, anak-anak muda yang tergabung dalam Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia Jawa Barat (PD KMHDI JABAR) melaksanakan sebuah kegiatan berupa Rapat Kerja Daerah (RAKERDA V). Kegiatan Rakerda yang merupakan forum untuk merumuskan dan menetapkan Program Kerja pengurus yang sudah terpilih pada Lokasabha V PD KMHDI JABAR pada bulan desember 2010.

Rakerda ini berjalan dengan nyaris sempurna, karena segala persiapan terkait acara maupun materi Rakerda telah disiapkan. Hal ini sangat membanggakan mengingat kader PD KMHDI JABAR merupakan kader “muda” yang belum begitu jauh mengikuti proses yang ada di KMHDI. Namun semua itu dibantah dengan kenyataan bahwa apa yang dilakukan para pengurus PD KMHDI JABAR saat itu. Diantara para pengurus bahka ada yang baru di MPAB sekitar 2 bulan yang lalu, keculi memang diantara mereka sudah menjadi anggota KMHDI sekitar 1 tahun. Dan menjadi pengurus Pimpinan Pusat. Sekali lagi hal ini bisa menjawab bahwa berapa lama keberadaan seseorang tidak menjadi tolok ukur utama dalam hal kematangan organisasi, asal mereka mau belajar dan memiliki motivasi plus komitmen dalam menjalankan fungsinya dalam sebuah organisasi.

Tentu apa yang diungkapkan diatas sama sekali untuk melakukan hiperbola atau melebih-lebihkan kondisi di KMHDI JABAR, mengingat PD KMHDI JABAR sendiri sempat mengalami kondisi tidak melakukan aktivitas sama sekali selama hampir 4 tahun lamanya. Hal ini bisa menjadi sebuah acuan bagi Pimpinan Daerah (PD) dan Pimpinan Cabang (PC) KMHDI diseluruh Indonesia, sebab apa yang ada saat ini dibeberapa PD/PC memang belum sebaik apa yang telah dilakukan di Jawa Barat. Banyak hal yang bisa menjadikan semangat di Jawa Barat bisa seperti itu, bisa dari system pengkaderan awal yang kuat, faktor eksternal kader yang sudah memiliki bekal dari luar KMHDI, Pendampingan yang dilakukan baik oleh Alumni maupun PP, atau factor-faktor lainnya.

Dalam kesempatan Rakerda ini, Presidium PP KMHDI yang hadir, Made Miarsana mengungkapkan kebanggaan atas apa yang sudah dilaksanakan oleh pengurus, dimana apa yang mereka lakukan benar-benar detail, dimulai dari wawancara calon pengurus, sampai pada diskusi pra Raker, sehingga memang forum rakerda tinggal menyempurnakan saja apa-apa yang telah didiskusikan dalam kegiatan pra raker. Akhirnya dalam sambutan penutupan Presidium KMHDI tidak lupa menyampaikan kepada seluruh Anggota dan Pengurus untuk bisa untuk bisa menjalankan Program Kerja yang telah disumuskan dengan tidak lupa untuk terus melakukan evaluasi jika terdapat kendala dalam perjalanan Periode kepengurusan PD KMHDI JABAR 2010-2012. Semoga, Satyam Eva Jayate!

Komentar Anda