“DMO IV PC KMHDI MATARAM, TINGKATKAN KUALITAS KADER YANG PROFESIONAL” Oleh : Sanjaya




Proses kaderisasi merupakan wahana untuk melahirkan generasi penerus guna mendapatkan kader-kader pilihan yang bisa melanjutkan estafet kempemimpian di suatu organisasi. Proses itulah yang kini terus dilakukan oleh Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Mataram. Bertempat di Pura Gunung Agung – Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, PC KMHDI Mataram melaksanakan Diklat Manajemen Organisasi (DMO) IV dari tanggal 14 hingga 15 Pebruari 2011 kemarin. Acara yang diikuti oleh 15 orang anggota KMHDI tersebut dihadiri oleh Ketua PHDI Kota Mataram, Alumni KMHDI, dan dibuka oleh Presidium Pimpinan Pusat KMHDI.

Dr. IGL. Media selaku Ketua PHDI Kota Mataram dalam sambutannya berpesan agar KMHDI terus melakukan usaha – usaha pengkaderan dan meningkatkan kualitas Kader Muda Hindu. “Dengan kader yang berkualitas maka semakin bagus, daripada kuantitas besar tapi tidak berkualitas justru akan membuat banyak masalah” ujar dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram (UNRAM) yang tahun ini akan selesai masa jabatannya di PHDI Kota Mataram.

“Peserta DMO kali ini berasal dari anggota KMHDI yang berhasil di rekrut melalui kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) pada bulan Nopember 2010 kemarin, dan juga berasal dari anggota PC KMHDI Mataram yang belum sempat mengikuti DMO sebelumnya” ujar I Wayan Sugiana selaku Ketua Panitia acara tersebut dalam laporannya.  “Acara ini bertemakan : DMO IV PC KMHDI Mataram, Tingkatkan Kualitas Kader yang Profesional. Melalui salah satu kegiatan kaderisasi formal ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan atau wawasan manajemen berorganisasi bagi peserta/anggota KMHDI“ tambahnya lagi.

Peserta sangat antusias dalam menerima materi-materi yang disampaikan oleh pemateri, disamping materi wajib DMO, juga diberikan materi motivasi kepada peserta yang disampaikan oleh I Nyoman Widhiarsana, ST (Presidium Pimpinan Pusat KMHDI 2006-2008). Acara DMO kali ini berlangsung penuh keceriaan dari peserta sehingga menambah tali persaudaraan diantara  peserta serta mampu sejenak membuat lupa akan kejenuhan mengikuti dinamika perkuliahan. Tampaknya acara ini memang sengaja dikemas di halaman terbuka agar lebih fresh.

Ketua PC KMHDI Mataram sambil memberikan senyum khasnya mengatakan bahwa selain penyampaian teori, pelaksanaan DMO kali ini juga mengharuskan peserta untuk melaksanakan aplikasi dari teori tersebut, yaitu dengan melaksanakan kegiatan tertentu setelah pelaksanaan diklat ini, kata I Ketut Nata, S.Pd.H. Semoga salah satu kegiatan pengkaderan seperti ini terus dapat bergulir, karena kaderisasi adalah roh dari suatu organisasi, dan diharapkan usaha kaderisasi-kaderisasi yang lain segera menyusul. Semoga DMO kali ini dapat terus meningkatkan kader KMHDI yang profesional dalam memutar roda organisasi KMHDI. Satyam Eva Jayate…!

 

Komentar Anda