Berita RAKERNAS VII KMHDI di Banjarmasin




Banjarmasin, sebuah kota di provinsi Kalimantan Selatan, selama 3 hari, mulai tanggal 7 sampai dengan 9 Oktober 201, menjadi kota tujuan dan tempat berkumpulnya Pimpinan Pusat KMHDI periode 2010-2012. Kota yang berjuluk kota seribu sungai itu didaulat menjadi kota penyelenggara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VII KMHDI. Rakernas inilah yang menjadi ajang Pimpinan Pusat untuk mengesahkan program kerja selama periode kepengurusan. Tema yang diusung dalam Rakernas VII ini adalah “Membangun Sinergi Menuju Kematangan Kaderisasi”.

Acara Rakernas ini telah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh teman-teman panitia, yaitu kader KMHDI PC Banjarmasin. Dengan arahan SC (steering commitee), panitia bekerja dengan semangat yang sangat luar biasa. Penggalian dana dilakukan mulai dari membantu di areal parkir Pura Jagatnatha Banjarmasin, hingga mengadakan bazzar makanan dengan menjual ayam betutu yang merupakan hasil kerja keras rekan-rekan panitia sendiri. Tentunya, panitia bekerja dengan didukung sepenuhnya oleh seluruh elemen umat Hindu Provinsi kalimantan Selatan, khususnya kota Banjarmasin.

Acara Rakernas VII dibuka secara resmi pada tanggal 7 oktober 2010, yang bertempat di gedung PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kalimantan Selatan, dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh pihak Walikota Banjarmasin. Dalam sambutannya, pihak walikota berpesan kepada kader KMHDI agar selalu berkontribusi aktif pada peningkatan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara untuk dapat menjadi kader yang religius, humanis, nasionalis, serta berpikir progresif. Suasana yang terbangun pada acara pembukaan ini sangat terasa unsur kekeluargaan ditengah keragaman. Karena selain dihadiri oleh pihak walikota, acara pembukaan ini juga dihadiri oleh teman-teman dari OKP yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, pihak PHDI Kalimantan Selatan, Kepala Bimas Hindu Kalimantan Selatan.

Puncak acara Rakernas VII berpusat di Pura Jagatnatha Banjarmasin. Acara yang dilalui dengan pemaparan rancangan program kerja pengurus inti dan masing-masing departemen Pimpinan Pusat KMHDI, serta dengan banyaknya persidangan untuk mendiskusikan rancangan program kerja tersebut. Acara ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari Pimpinan Pusat KMHDI periode 2010-2012, dan peninjau yang merupakan rekan-rekan dari PC Banjarmasin dan dari PC Samarinda. Meskipun acara berlangsung dengan sangat alot, namun suasana kekeluargaan tetap terbangun dalam acara ini. Acara persidangan yang berlangsung hingga pukul 02.00 WITA keesokan harinya tidak sama sekali menyurutkan semangat peserta dan peninjau yang hadir.

Acara terakhir dalam rangkaian Rakernas VII KMHDI adalah mengadakan kegiatan bhakti sosial. Dengan mengambil tempat di lingkungan kecamatan Marabahan, kabupaten Barito Kuala, provinsi Kalimantan Selatan, panitia berusaha untuk menyentuh secara langsung kehidupan masyarakat yang merupakan transmigran dari Bali. Dan akhirnya, sebagai penutupan, diadakan acara nguling yang dilakukan di areal Pura Jagatnatha Banjarmasin. Acara nguling ini dapat terlaksana karena dukungan penuh dari elemen umat Prov. Kalimantan selatan, seperti PHDI, WHDI, Bimas, dan masyarakat Hindu setempat.

Semoga program kerja yang telah disahkan dalam acara Rakernas VII KMHDI yang diadakan di Banjarmasin ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh Pimpinan Pusat KMHDI periode 2010-2012. Dan tentu kita semua berharap dengan program kerja kepengurusan PP KMHDI yang baru ini, KMHDI mampu berkontribusi aktif dan lebih optimal bagi peningkatan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai