Ulang Tahun KMHDI ke 17, penuh kesederhanaan namun sarat makna







 

Selamat ulang tahun, kami ucapkan.
Selamat panjang umur, kita ‘kan doakan.
Selamat sejahtera, sehat sentosa.
Selamat panjang umur dan bahagia.

Tentunya lirik lagu selamat ulang tahun ini telah terbiasa kita dengarkan. Ya, hari Jumat, 3 September 2010 yang lalu, KMHDI tepat berulang tahun yang ke 17. Bertempat di sekretariat PP KMHDI di Jl. Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Jakarta Timur, perayaan ulang tahun KMHDI dilangsungkan dengan penuh suka cita dan tentunya dalam suasana penuh keakraban.

Dengan dihadiri oleh beberapa alumni, Pimpinan Pusat termasuk salah satu Presidium KMHDI, teman-teman dari PD DKI Jakarta dan PD Jawa Barat, acara yang terbilang sederhana ini mampu menghadirkan suasana yang sangat akrab dan penuh kekeluargaan. Persiapan yang dilakukan, mulai dari bersih-bersih sekretariat, mempersiapkan acara, tumpeng, kue, dan hidangan utama yang berupa bakso, semua dilakukan dengan penuh keceriaan dan rasa kekeluargaan yang tinggi.

Tepat pada pukul 19.00 WIB, acara perayaan ulang tahun KMHDI ini dimulai. Dengan duduk lesehan beralaskan tikar, kader KMHDI yang hadir sangat antusias dalam merayakan ulang tahun KMHDI yang ke 17 ini. Acara yang dipandu oleh Mbok Cista ini diawali dengan kata pembuka dari Desak Yoni yang merupakan salah satu Presidium KMHDI periode 2010-2012. Selanjutnya berturut-turut perwakilan dari alumni yaitu Bli Ketut Budiasa (Bli Budi), Bli Gede Udiantara (Bli Dek Tungu), dan Bli Gede Pasek Suardika (Bli Pasek) memberikan refleksi dan motivasi kepada kader KMHDI untuk tetap menjaga visi misi KMHDI.

Banyak pesan yang diungkapkan oleh para alumni dalam refleksi ulang tahun ke 17 KMHDI. "Kita harus memaknai ulang tahun KMHDI ini dengan baik. Kalau dilihat, ulang tahun ini adalah yang ke 17. Angka 1 menggambarkan kebulatan tekad. Sedangkan angka 7 dapat bermakna tujuan. Jadi kita harus memaknai tujuan mulia KMHDI dengan kebulatan tekad" ungkap Bli Pasek dalam sambutannya. Tentunya pesan dari para alumni memberikan semangat baru bagi kader KMHDI yang merupakan elemen yang penting bagi perkembangan Hindu kedepannya.

Acara puncak pada malam itu adalah pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Desak Yoni selaku Presidium. Potongan tumpeng diberikan berturut-turut kepada Presidium periode 2008-2010 yang diwakili oleh Bli Suresh, kemudian kepada alumni yang hadir. Selain potong tumpeng ada juga acara tiup lilin dan potong kue yang telah disediakan sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan santap malam yang telah disediakan. Suasana penuh kekeluargaan terasa sangat kental di sini. Sambil menikmati santap malam, alumni dan para kader berdiskusi ringan menanggapi isu-isu yang sedang hangat dibahas. Misalnya pembangunan gedung baru DPR, pidato presiden, perkembangan Hindu, dan tentunya tentang KMHDI. Tak lupa pula diskusi ringan ini diselingi dengan canda tawa dalam suasana keakraban yang sungguh terasa.

Ya, KMHDI kini genap berusia 17 tahun. Usia yang tentunya dapat kita katakan sebagai usia remaja. Dan seiring bertambahnya usia, tentunya KMHDI harus mampu selalu bergerak maju tanpa meninggalkan identitas KMHDI. Dan semoga KMHDI dapat selalu menjalankan fungsinya sesuai dengan visi misi KMHDI.

Satyam Eva Jayate!!!!

 

Komentar Anda