PD KMHDI NTB and PC KMHDI Mataram Celebrate the 17th Anniversary of KMHDI

Detik demi detik, hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun berlalu dan tanpa terasa organisasi KMHDI telah memasuki usia yang ke tujuh belas. Usia ini merupakan usia yang istimewa karena diusia ini organisasi KMHDI bisa dikatakan sebagai sebuah organisasi yang cukup dewasa. Tepatnya tanggal 3 September 2010 nanti organisasi KMHDI genap berusia tujuh belas tahun. Untuk merayakan hari jadi ke tujuh belas, PP (Pimpinan Pusat) KMHDI telah menyusun beberapa kegiatan Nasional, antara lain Kegiatan Kemanusiaan yang berupa Donor Darah Nasional yang diadakan serempak pada tanggal 29 Agustus 2010 di tiga puluh PD (Pengurus Daerah) dan PC (Pengurus Cabang) se Indonesia, Seminar Nasional, dan Perayaan-Perayaan lainnya. Untuk kegiatan Seminar Nasional akan diadakan tepat pada hari jadi KMHDI ke tujuh belas pada tanggal tiga September 2010 yang akan dilaksanakan di Jakarta dengan tema “Redominasi Rupiah”.
Dalam momentum National Sweet Seventeen ini, PD NTB dan PC Mataram tentunya tak mau melewatinya begitu saja.  PD NTB dan PC Mataram juga ikut memeriahkan acara National Sweet Seventeen of KMHDI dengan mengadakan Donor Darah Nasional yang bertempat di STHAN Gde Pudja Mataram.  Tema dari Donor Darah Nasional ini adalah “Setetes Darah untuk Indonesia”. Tema ini telah ditentukan oleh PP KMHDI dimana tema Donor Darah ini sama diseluruh Indonesia dan dilaksanakan secara serempak di 30 PD dan PC diseluruh wilayah Indonesia. Namun untuk wilayah PD NTB dan PC Mataram Donor Darah Nasional ini dimajukan sehari dari tanggal 29 Agustus menjadi tanggal 28 Agustus karena pihak PMI telah dibooking terlebih dahulu oleh salah satu ormas masyarakat. Kegiatan ini sendiri diketuai oleh I Wayan Wiasa dan membutuhkan waktu selama tiga minggu penuh untuk mempersiapakn event ini.
Kegiatan Donor Darah Nasional ini dibuka langsung oleh Ketua PHDI Provinsi NTB. Dalam sambutannya, Ketua PHDI NTB menyatakan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap progresifitas KMHDI yang tanggap akan adanya isu kekurangan stok darah di PMI dengan melakukan upaya real berupa pelaksanaan Donor Darah Nasional. Selain itu beliau juga menyampaikan ucapan selamat atas bertambahnya usia KMHDI dan berharap dengan bertambahnya usia mampu menjadikan KMHDI menjadi lebih dewasa dan tetap eksis dalam kegiatan keumatan di NTB, demikian tutur ketua PHDI Provinsi NTB saat memberi sambutan.
Selain mendapat apresiasi yang positif dari PHDI Provinsi NTB, kegiatan ini juga mendapat respon yang signifikan dari segenap elemen masyarakat baik dari Lingkungan  Akademik maupun Organisasi Kemasyarakatan dan Instansi. Hal ini terlihat dari banyaknya tamu undangan dan pendonor yang hadir saat acara ini berlangsung. Adapun yang hadir dalam acara ini antara lain; Para Alumni KMHDI yang pada kesempatan itu juga dihadiri oleh mantan Presidium Pusat, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Hindu se Kota Mataram, Banjar – Banjar Hindu Kota Mataram, Siswa – siswi Hindu se Kota Mataram dan beberapa siswa-siswi Hindu Lombok Barat, instansi-instansi baik swasta maupun pemerintah, dan elemen masyarakat lainnya. Suasana yang rukun dan penuh kebersamaan sungguh terasa saat acara ini berlangsung.
Kegiatan Donor Darah Nasional ini berlangsung dari pukul 08.00 pagi hingga 14.00. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan 64 kantong darah. Jumlah ini sunguh diluar estimasi panitia yang hanya memperkirakan 50 kantong darah.  Dalam Donor Darah ini jumlah peserta yang datang diluar prediksi sehingga saat Donor Darah berlangsung,  pihak PMI kekurangan kantong darah yang membuat acara ini selesai lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Sehingga ada beberapa pendonor yang tak bisa mendonorkan darahnya dalam kesempatan tersebut.
Melalui kegiatan ini diharapkan jiwa-jiwa humanis dari generasi muda Hindu bisa terpupuk dan tumbuh subur. Sehinga melalui kegiatan ini seluruh generasi muda Hindu bisa menyadari pentingnya darah yang mereka yadnyakan  untuk keselamatan jiwa orang lain, keluarga,  dan bahkan dirinya sendiri. Singkatnya melalui Donor Darah Nasional ini upaya untuk meningkatkan keharmonisan untuk semua insan telah dilaksanakan. Semoga dengan bertambahnya usia, KMHDI mampu menunjukan kapabiltas, progresivitas, dan perannya untuk Bangsa dan  Negara Indonesia. Satyam Eva Jayate ! (Gede Widya)
 

Komentar Anda