DMO, HUT PD KMHDI NTB, dan PC KMHDI Mataram Berikan Semangat Baru




Membentuk kader-kader yang bermutu dan memiliki nilai (value) adalah salah satu tujuan dari KMHDI. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah melaksanakan kegiatan DMO (Diklat Management Organisasi). Pada tangal 12 -13 Juni 2010 Bidang Pendidikan, Kaderisasi, dan Organisasi PC KMHDI Mataram menyelenggarakan DMO III.

Kegiatan yang dilaksanakan di Nista Mandala Pura Gunung Agung, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat ini terasa spesial karena dirangkai dengan perayaan HUT PD KMHDI NTB yang ke-12 (7 Juni 2010) dan HUT PC KMHDI Mataram yang ke-11 (13 Juni 2010). DMO itu sendiri bertujuan untuk memberikan wawasan kepada anggota KMHDI, tentang bagaimana mengelola dengan baik sebuah organisasi. Sasaran DMO itu sendiri utamanya adalah anggota KMHDI yang baru bergabung melalui proses MPAB. Selain diberikan wawasan manajemen organisasi, kader KMHDI juga dilatih untuk terus meningkatkan kapasitas diri, dengan menggali potensi masing-masing.

Jumlah peserta yang mengikuti DMO III ini berjumlah lima belas orang. DMO pada tahun ini diketuai oleh Gde Eka Adnyana Swara Saputra. Persiapan dari acara ini memakan waktu selama tiga minggu. Hadir dalam kegiatan DMO kali ini adalah salah seorang Presidium Pimpinan Pusat KMHDI, Putu Wisnu Merta Yoga, S.T sebagai nara sumber. Kehadiran Presidium ini mendapat sambutan yang hangat dari seluruh peserta dan panitia DMO. Kehadiran Presidium ini juga merupakan kado spesial bagi PC KMHDI Mataram dan PD KMHDI NTB yang merayakan HUT. Keseriusan, kebersamaan dan kekompakan sungguh terlihat dari seluruh peserta.

Perayaan HUT PD KMHDI NTB dan PC KMHDI Mataram yang dirayakan secara bersamaan dengan DMO ini menjadikan momen kali ini sunguh unik. Suasana haru bahagia terlihat dari seluruh anggota KMHDI karena bertambahnya usia dari organisasi yang mereka cintai. Perayaan HUT PD dan PC diisii dengan kegiatan Agni Hotra dengan tujuan sebagai ucapan rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas kehendak dan karunia-Nya, KMHDI masih diberikan kesempatan untuk terus menunjukan eksistensinya sebagai salah satu OKP Hindu. Upacara Agni Hotra yang merupakan perayaan niskala HUT PD KMHDI NTB dan PC KMHDI Mataram ini diharapkan dapat menjadikan kader-kader KMHDI bisa meneruskan semangat para pendiri dan semakin berjaya sehingga organisasi ini mampu mewujudkan visinya, sebagai wadah pemersatu dan alat pendidikan kader Mahasiswa Hindu, serta misinya yaitu mencetak kader Mahasiswa hindu yang berkualitas. Artinya KMHDI bercita-cita menghasilkan Generasi Muda Hindu yang memilki nilai (value) dalam kehidupan bermasyarakat. 

Acara puncak dari perayaan HUT PD NTB dan PC Mataram ini berlangsung pada pukul 20.00 wita ketika acara potong tumpeng dilakukan. Acara ini dihadiri oleh anggota dan beberapa alumni pendiri PD dan PC. Pemotongan tumpeng ini dilakukan oleh ketua PD dan PC, Gde Rangga Teguh dan Ketut Nata. Suasana yang penuh harapan dan doa terlihat dari segenap anggota dan alumni. Salah satu harapan dari HUT PD dan PC ini adalah seperti diungkapkan sebelumnya di atas yaitu agar seluruh kader yang ada mampu meneladani semangat para alumni yang telah berjuang dalam membeserkan ognisasi ini agar kedepannya menjadi lebih baik dan semakin Berjaya. “Semoga dengan bertambahnya usia, organisasi KMHDI bisa menjadi lebih dewasa, dan seluruh kader-kader yang ada mampu menggali ilmu sedalam-dalamnya di organisasi ini guna mengembangkan potensi diri yang ada”, demikian ungkap Ketut Nata, ketua PC KMHDI Mataram dengan senyuman khasnya. 

Kegiatan DMO ke III yang dirangkai dengan perayaan HUT PD dan PC telah membawa KMHDI menjadi lebih dewasa dan memberi semangat baru kepada seluruh kader-kader yang ada untuk menggali potensi diri di organisasi ini. (Gede Widya)

Komentar Anda