PD KMHDI Sumsel “Hidup” lagi




Hari Minggu, 11 April 2010, Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sumatera Selatan (PD KMHDI Sumsel) menyelenggarakan Lokasabha V. Tampak peserta mulai hadir sejak pukul 08.00 WIB dan segera melakukan registrasi. Pukul 09.30 WIB undangan yang diundang pukul 10.00 WIB mulai berdatangan satu persatu ke Madya Mandala Pura Agung Sriwijaya, Kota Palembang, Sumatera Selatan yang merupakan tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Undangan yang datang tersebut adalah Presidium PP KMHDI, Ketua PHDI Propinsi Sumsel yang diwakili oleh Ketua bidang Organisasi, Ketua WHDI Propinsi Sumsel, Ketua DPP Peradah Sumsel, dan Ketua PHDI Kota Palembang. Undangan lainnya yang juga turut hadir dalam pembukaan Lokasabha V PD KMHDI Sumsel tersebut adalah para ulumnus PD KMHDI Sumsel dan beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat Hindu yang ada di Kota Palembang.  

 

Pukul 10.30 WIB acara pembukaan dimulai. Pertama-tama seluruh peserta yang hadir menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan menyanyikan Mars KMHDI, dan Pembacaan Asta Prasetya Brahmacarya. Panitia menyiapkan 2 (dua) orang mahasiswa Hindu untuk membacakan sloka Pustaka suci Weda, yaitu Putu Darmada sebagai pembacan dan Wayan Mustika sebagai penerjemah. Dilanjutkan dengan laporan ketua panitia pelaksana, dalam laporannya Putu Surya Adnyana yang merupakan ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan Lokasabha ini disiapkan dalam waktu yang singkat dan dapat dilaksanakan berkat dukungan dari berbagai pihak. Sambutan dari PHDI Sumsel yang disampaikan oleh drh. I Wayan Telabah menekankan pentingnya peranan generasi muda dalam pembangunan masyarakat. Kemudian Presidium Pimpinan Pusat KMHDI I Made Sri Wirdiata, S.Sos.H., ST dalam sambutannya menyampaikan bahwa Lokasabha yang merupakan wahana regenerasi adalah suatu momen yang penting dalam menentukan arah perkembangan organisasi kedepannya. Apalagi PD KMHDI Sumsel yang sempat vacuum, maka Lokasabha V ini merupakan tonggak “hidupnya kembali” PD KMHDI Sumsel itu sendiri.

 

Setelah pembukaan yang berakhir sekitar pukul 11.45 WIB, peserta dan segenap undangan rehat untuk Tri Sandhya, makan siang dan istirahat sejenak. Pukul 13.00 WIB Persidangan Lokasabha V dimulai dengan pembahasan jadwal acara, tata tertib sidang dan pimpinan lokasabha tetap, kemudian dilanjutkan dengan sidang-sidang pleno selanjutnya, sampai Sidang pleno VI yang memilih ketua PD KMHDI Sumsel periode 2010/2012. Ada 5 (lima) orang calon ketua yang diusulkan oleh peserta, yaitu Waya Mustika, Putu Surya Adnyana, Putu Agus Kartika, Wayan Sugi, dan Nyoman Ayu Meitri. Kelima orang calon tersebut diberikan kesempatan masing-masing 3 menit untuk berorasi. Setelah itu dilaksanakan dialog antara calon dan peserta. Tampak peserta aktif dalam sesi dialog tersebut. Setelah sesi dialog, diadakan musyawarah diantara para peserta untuk mufakat, namun tidak dicapai kata mufakat dalam penentuan ketua PD KMHDI Sumsel periode 2010/2012, sehingga dilaksanakan pemilihan dengan suara terbanyak (vooting).

 

Pukul 19.20 WIB terpilih sebagai ketua dalam Lokasabha V PD KMHDI Sumsel ini adalah Putu Surya Adnyana, kemudian I Putu Agus Kartika sebagai sekretaris, dan Kadek Ayu Swastini sebagai bendahara. Biro Organisasi, Pendidikan, dan Kaderisasi diketuai oleh Putu Darmada, Biro Penelitian dan Pengembangan (litbang) diketuai oleh Wayan Mustika, dan Biro Pengabdian Pada Masyarakat diketuai oleh Wayan Sugi.

 

Lokasabha V ini alumni KMHDI tetap hadir mendampingi sebagai peninjau, memberikan motivasi kepada anggota KMHDI. Sekitar pukul 19.45 WIB dilaksanakan acara pelantikan pengurus baru. Presidium KMHDI dalam sambutannya dalam acara pelantikan sekaligus penutupan Lokasabha V PD KMHDI Sumsel ini menekankan agar pengurus baru segera melakukan rapat kerja daerah (rakerda) untuk menyusun program kerja selama periode kepengurusan agar PD KMHDI Sumsel bisa segera action mewujudkan visi KMHDI yaitu “sebagai wadah pemersatu dan alat pendidikan kader mahasiswa Hindu” dan melaksanakan misi KMHDI yaitu “menciptakan kader mahasiswa Hindu yang berkualitas”.

Komentar Anda