PC KMHDI Gorontalo dan Konawe Diresmikan




Setelah keinginan mahasiswa Hindu di Kota Gorontalo untuk bergabung di KMHDI disampaikan oleh Departemen PP KMHDI kepada Presidium, Pimpinan Pusat KMHDI kemudian mempelajari potensi Mahasiswa Hindu yang ada di ibu kota salah satu Propinsi yang termuda ini. Selanjutnya PP KMHDI membentuk tim 9 yang berasal dari PD KMHDI Sulteng dan PD KMHDI Sulut untuk mengawal proses pembentukan pimpinan cabang (PC) di Kota Gorontalo.

 

Bulan September 2009, tim 9 yang berasal dari Sulteng melakukan observasi sekaligus sosialisasi KMHDI. Hasil sosialisasi yang direspon positif oleh Mahasiswa Hindu di kota itu kemudian dilanjutkan dengan MPAB (Masa Penerimaan Anggota Baru) KMHDI. Melalui 2 gelombang, akhirnya MPAB I KMHDI di Kota Gorontalo mencetak 68 Anggota baru. Selanjutnya oleh PP KMHDI diterbitkan SK pengesahan Komisariat KMHDI Kota Gorontalo. Komisariat ini mengadakan kegiatan-kegiatan yang mampu menunjukkan eksistensinya terutama kepada umat Hindu di kota Gorontalo dan di daerah-daerah yang ada di beberapa Propinsi Gorontalo. Bulan Desember 2009 Komisariat KMHDI Kota Gorontalo mengadakan Diklat Manajemen Organisasi (DMO) yang semua materinya dibawakan langsung oleh pemateri dari PP KMHDI. Setelah DMO ini, Komisariat KMHDI Gorontalo terus melakukan dinamika kehidupan organisasi dalam upaya melaksanakan Dharma Agama dan Dharma Negara. Hingga 4 bulan setelah DMO tersebut, diadakan evaluasi oleh tim 9 yang berasal dari Sulut. Hasil evaluasi dari tim merekomendasikan untuk diadakan Sabha di Komisariat KMHDI Kota Gorontalo karena telah dinyatakan kondusif dan layak untuk dijadikan Pimpinan Cabang.

 

Pada hari Jumat, 28 Mei 2010 bertempat di Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG) diselenggarakan Sabha I Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Kota Gorontalo. Hadir dalam acara pembukaan Sabha I tersebut antara lain Bapak Wayan Sudiartha yang merupakan Ketua PHDI Propinsi Gorontalo, IMS. Wirdiata yang merupakan Presidium PP KMHDI, perwakilan dari OKP-OKP lainnya seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Gorontalo di UNG, Paguyuban Mahasiswa Toili, dan UKM Hindu Dharmaning Saraswati UNG.

 

Saat acara pembukaan, ketua PHDI menyambut gembira atas terwujudnya wadah yang dapat menghimpun segenap potensi Generasi Muda Hindu, khususnya Mahasiswa Hindu di Gorontalo. Sedangkan Presidium PP KMHDI yang didaulat untuk membuka acara manyampaikan bahwa terbentuknya Pimpinan Cabang KMHDI yang baru selaras dengan Visi KMHDI itu sendiri. “Terbentuknya cabang KMHDI Kota Gorontalo yang kita mulai sejak delapan bulan lalu mengisyaratkan visi KMHDI sebagai wadah pemersatu Mahasiswa Hindu terus dapat kita wujudkan, walau perlahan-lahan, dan sebagai alat pendidikan kader, disini juga berarti bahwa kawan-kawan setelah masuk menjadi anggota KMHDI akan dikader menjadi Mahasiswa Hindu yang berkualitas” pungkas Wirdiata.

 

Sidang-sidang dalam Sabha I PC KMHDI Konawe berlangsung lancar, walau sering terjadi interupsi dari peserta yang notabene merupakan anggota KMHDI yang baru bergabung 8 bulan dan masih perlu menanyakan ini itu. Peserta tampak antusias dan semangat mengikuti persidangan karena memang Sabha ini telah ditunggu-tunggu oleh mereka untuk mewujudkan terbentuknya Pimpinan Cabang KMHDI di daerah mereka. Saat pemilihan ketua menjadi sesi yang paling seru. Dari sepuluh orang bakal calon yang diajukan, hanya tiga orang yang menyatakan kesiapannya untuk maju menjadi calon. Setelah setiap calon menyampaikan visi dan misi yang kemudian dilanjutkan dengan dialog antara calon dengan peserta, akhirnya dilakukan musyawarah untuk mufakat, akan tetapi tidak berhasil mendapatkan ketua terpilih. Akhirnya setelah melalui vooting, terpilih I Nengah Sadra sebagai ketua PC KMHDI Kota Gorontalo periode 2010-2012 (periode pertama). I Nengah Sadra yang merupakan mantan ketua UKM Dharmaning Saraswati UNG itu dengan dibantu oleh tim Formatur kemudian menyusun personalia kepengurusannya berdasarkan komposisi yang telah disepakati.

 

Keesokan harinya, pada tanggal 29 Mei 2010 bertempat di Pura Giri Natha, diadakan acara pelantikan secara sekala dan niskala. Dipimpin oleh Made Nartha (Staf di Kanwil Kementerian Agama Propinsi Gorontalo) acara persembahyangan bersama yang juga merupakan pelantikan secara niskala dilakukan. Acara persembahyangan yang dihadiri juga oleh Dosen Pembina UKM Hindu di UNG ini dilanjutkan dengan acara pelantikan pengurus oleh Presidium KMHDI. Dengan demikian, maka secara resmi telah “lahir” PC KMHDI di Kota Gorontalo.

 

Terbentuknya PC KMHDI Konawe

Dinamika yang dilalui dalam proses  pembentukan PC KMHDI Konawe bisa dibilang cukup panjang. Proses pembentukan yang telah dimulai lebih dari setahun yang lalu baru akhirnya menemukan babak baru setelah pengurus Pimpinan Cabang KMHDI Konawe dilantik oleh Presidium PP KMHDI pada tanggal 4 Juni 2010. Beberapa kendala yang dihadapi baik oleh PD KMHDI Sultra dan PP KMHDI, khususnya lagi yang dialami oleh anggota KMHDI disana tidak menyurutkan semangat dari anggota KMHDI yang sebelumnya tergabung di Komisariat Konawe di bawah PD KMHDI Sultra itu untuk terus berproses.

 

Setelah koordinasi yang terus dibangun oleh PP KMHDI dan PD KMHDI Sultra, serta Komisariat Konawe memperoleh titik temu, akhirnya diujung kunjungan kerja Presidium PP KMHDI yang dimuali dari PD KMHDI Sulut, PC KMHDI Kota Gorontalo, PD KMHDI Sulteng, PD KMHDI Sulsel, tiba juga di PD KMHDI Sultra. Setelah siang hari pada tanggal 3 Juni 2010 tiba di Kendari, IMS. Wirdiata yang melakukan kunjungan dari Presidium KMHDI, sore harinya dengan ditemani oleh ketua PD KMHDI Sultra dan beberapa pengurus lainnya langsung menuju ke Kabupaten Konawe. Sekitar 35 orang pengurus dan anggota Komisariat KMHDI Kabupaten Konawe telah menunggu di Kampus UNILAKI. Agenda utama yang dibahas melalui pertemuan dalam bentuk diskusi itu adalah tentang pemantapan rencana pelantikan pengurus PC KMHDI Konawe yang telah dipilih melalui Sabha I yang telah diadakan sebelumnya.     

 

Tanggal 4 Juni 2010 bertempat di kampus UNILAKI, sekitar pukul 18.30 WITA diadakan pelantikan pengurus PC KMHDI Konawe. Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh ketua PD KMHDI Sultra dan jajarannya, juga Ketua PC KMHDI Kolaka dan beberapa pengurus lainnya yang mendampingi Presidium PP KMHDI. Agus Ariadi yang terpilih sebagai ketua PC KMHDI Kolaka periode 2009-2011 mewakili segenap pengurus dan angota PC KMHDI Konawe manyampaikan rasa syukur dan juga beberapa harapan kepada PP KMHDI agar kedepannya tidak bosan-bosannya melakukan pendampingan kepada PC KMHDI Konawe dan PD/PC lainnya di seluruh Indonesia. Setelah pelantikan selesai, diadakan sharing yang membahas beberapa permasalahan yang dihadapi oleh PD KMHDI Sultra, PC KMHDI Kolaka dan PC KMHDI Konawe. Dengan bersama-sama satu persatu permasalahan dicoba dikaji dan dicarikan solusinya. Harapan bersama kedepannya adalah semoga KMHDI dapat melaksanakan Dharma Agama dan Dharma Negara dengan lebih baik lagi, untuk bersama-sama segenap komponen bangsa ini, segenap komponen umat Hindu, dapat memberi kontribusi nyata dalam mengawal pembangunan bangssa ini dan meningkatkan eksistensi umat Hindu. Semoga….

Satyam Eva Jayate….!!!

Komentar Anda