MPAB XII PD KMHDI SULTRA




MPAB XII PD KMHDI SULTRA

DALAM KESEDERHANAAN REKRUT 104 ANGGOTA BARU

 

KENDARI, 7-8 NOVEMBER 2009.

Seperti biasanya Bulan November merupakan bulan yang penting bagi PD KMHDI SULTRA karena pada bulan ini sering dilaksanakan kegiatan penting baik itu kegiatan internal maupun eksternal organisasi. Bertempat di pura agung jagadhita kota Kendari Masa Penerimaan Anggota Baru XII PD KMHDI SULTRA dilaksanakan dengan suasana yang sangat sederhana. Hal ini untuk menghapuskan kesan pemborosan yang dirasakan dari pelaksanaan MPAB-MPAB sebelumnya dimana hendaknya calon anggota baru KMHDI terbiasa dengan pola kehidupan yang sederhana.

Sosialisai Organisasi KMHDI di Kampus – Kampus yang ada di kota Kendari telah dilaksanakan dengan penuh antusias oleh Panitia maupun jajaran pengurus PD, hal ini mengingat besarnya jumlah mahasiswa hindu yang masuk di tahun 2009 ini, yaitu kurang lebih 160an orang. Peningkatan yang sangat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Ketua panitia MPAB kali ini dipimpin oleh I Wayan Sukadiyasa atau biasa disapa Yan Adi beserta seluruh kepanitiaan yang notabene kader angkatan 2008 bekerja cukup maksimal dalam mempersiapkan acara.

Pembukaan MPAB sendiri yang dilaksankan mulai Pukul 17.00 WITA dihadiri oleh 104 peserta MPAB dari sekitar 13 kampus yang ada di kota Kendari & sekitar 50 orang dari Anggota dan Pengurus PD KMHDI SULTRA. Turut hadir dalam acara pembukaan adalah Ketua Banjar Sindhu Mertha Kota Kendari dan Ketua PHDI Sulawesi Tenggara Bapak Dr. Ir. I Ketut Puspa Adnyana, M.Tp yang selalu menyempatkan diri hadir untuk memberikan nasehat-nasehat kepada mahasiswa baru.

Kesan yang mendalam dialami oleh pesertaterjadi pada saat acara Renungan yang dibawakan oleh Made Miarsana & Nyoman Ayu A. Yang membuat beberapa peserta histeris sampai tak sadarkan diri saat renungan dilangsungkan. Hal ini membuat pemberian materi sempat sedikit molor dari jadwal tapi materi tetap dilanjutkan hingga pukul 04.00 hingga akhirnya peserta diberi kesempatan beristirahat sampai pukul 05.00.

Belum hilang kantuk peserta karena Cuma beristrirahat satu jam, panitia sudah membangunkan kembali mereka untuk diberikan Game-game Outbound, pemberian game-game outbound ini dirancang untuk menjalin keakraban diantara peserta yang jumlahnya ratusan dan berlatar belakang kampus yang berbeda. Hal ini menyebabkan intensitas pertemuan mahasiswa secara serempak pun menjadi momen yang langka mengingat kini sistem pembelajaran kuliah Agama Hindu telah dilakukan secara mandiri dikampus masing-masing.

                Pukul 06.00 peserta dan panitia bersama-sama melaksanakan Yoga Surya Namaskar yang dituntun oleh guru yoga yang terkenal di Kendari. Walau dengan persiapan pakaian yang kurang mendukung pelaksanaan yoga menimbulkan kesan yang sangat menyenangkan bagi peserta karena setelah pelaksanaan yoga, semua kantuk dan capek karena semalam suntuk menerima materi dapat sedikit teratasi.

                Penutupan MPAB dilaksankan pukul 09.00 setelah dilaksankan Post Test dan evaluasi pemateri MPAB. Dalam acara penutupan di umumkan pula peserta Terbaik, peserta Terpavorit pilihan peserta dan Pemateri Terbaik pilihan peserta. Yang menarik adalah terpilihnya Peserta Terbaik yang mana dia adalah Mahasiswa Akademi Kebidanan Pelita Ibu Kendari yang berasal dari Bali, wanita cerdas dan manis ini bernama Ni Putu Lina Artini. Kelemahan pada matanya tidak membuat dia minder tetapi justru menjadi peserta yang terus aktif dari awal hingga akhir pemberian materi MPAB. Selain itu pertanyaan dan tanggapan yang ia berikan juga selalu mencerminkan bahwa dia adalah seorang Kader Harapan yang diharapkan mampu meregenarasi kepemimpinan di tubuh PD KMHDI SULTRA.

                Secara umum pelaksanaan MPAB XII PD KMHDI SULTRA telah berlangsung dengan sukses mengingat ini adalah kegiatan kaderisasi perdana yang dilaksanakan oleh Pengurus periode 2009-2011 yang dipimpin oleh I Gede Pura Adnyana selaku ketua terpilih dan I Wayan trimawiasa sebagai Sekretaris. Hal ini menjadi signal positif bahwa kesinambungan organisasi mulai dapat tercapai dan bisa mengakhiri sindrom bahwa setiap pergantian kepengurusan maka pengurus yang baru akan kembali memulai dari nol lagi. Semoga hal ini akan semakin membawa kemajuan bagi PD KMHDI SULTRA khususnya dan KMHDI secara umum. Maju terus Generasi Muda Hindu. Satyam Eva Jayate!!

 

Lampiran : Jadwal Acara MPAB XII 2009 PD KMHDI SULTRA

Jam

Agenda

Pemateri

Keterangan

18.30 – 18.40

Pre – Test

 

 

18.40 – 20.00

– Sejarah KMHDI

– Sejarah PD KMHDI Sultra

Luh Kambariani

 

20.00 – 21.30

– Organisasi KMHDI

Eka Sri Wahyuni

 

21.30 – 22.00

Makan Malam

Panitia

 

22.00 –  23.30

Struktur Organisasi

I Gusti Putu Agus Sumiarna

 

23.00 – 00.00

Trisandhya

 

 

00.00 – 01.00

Renungan

Made Miarsana &

Nyoman Ayu Arianti

 

01.00 – 02.30

Ideologi KMHDI

I Wayan Trimawiasa

 

02.30 – 04.00

Weda & Panca Sradha

I Gede Putra Adnyana

 

04.00 – 05.30

Istirahat

 

 

05.30 – 06.00

Games Outbound

Made Miarsana

 

06.00 – 06.30

Tri Sandhya

 

 

06.00 – 07.00

Senam Yoga

I Made Dwinanto, S.Ag.

 

07.00 – 07.30

Sarapan

Panitia

 

07.30 – 07.45

Post Test

Sterring comitte

 

07.45 – 08.00

Pengumuman Peserta terbaik & terpavorit

Sterring Comitte

 

08.00 – 09.00

Penutupan

 

 

 

 

Komentar Anda