Seminar Kebangsaan pada Lokasabha PD SulTeng

Kegiatan seminar kebangsaan yang menjadi rangkaian kegiatan Lokasabha VI Pimpinan Daerah KMHDI Sulawesi tengah tersebut dilaksanakan pada hari   Minggu – Senin, 26 – 27 April 2009 bertempat di SMKN 1 Palu Sulawesi Tengah.

Dengan mengambil tema “Peran Pemuda dalam Percepatan Pengembangan Daerah Sulawesi Tengah di Tengah Krisis Nasionalisme Anak Bangsa” ini diisi oleh 3 orang nara sumber, yaitu AKP. Kukuh Junar Efendi (Kabag Binamitra Polresta Palu), Nyoman Slamet (Wakil Ketua KNPI Prop. Sulteng) dan I Made Sri Wirdiata (Presidium PP KMHDI 2008-2010). Dalam acara ini alumni-alumni PD KMHDI Sulteng banyak yang hadir menyempatkan waktu untuk memberikan support kepada Pengurus dan anggota PD KMHDI Sulteng. Hal ini sepertinya menjadi suatu tradisi yang sangat positif bagi kaderisasi di PD Sulteng.

Sidang Lokasabha.
Setelah pembukaan dan seminar dilanjutkan dengan persidangan Lokasabha VI. Dalam Sidang Pleno II, penyampaian LPJ Pengurus 2007-2009 dipaparkan awalnya oleh ketua yang akan didemisioner, namun proker tiap biro diserahkan kepada masing-masing biro untuk melaporkan. Dalam sesi pandangan umum/tanggapan anggota KMHDI cukup kritis. LPJ Pengurus periode 2007-2009 diterima dengan syarat berbagai administrasi penyusunan LPJ diperbaiki. Dalam sidang Pleno III, saat pembagian komisi-komisi berjalan lancar, tetapi saat ini peserta sidang sudah ada yang mulai meninggalkan persidangan.

Dalam sidang komisi tidak banyak menyelesaikan agenda yang menjadi agendanya. Hal ini dikarenakan pemahaman yang dimiliki masih terbatas. Dalam sidang komisi tersebut, komisi A yang membahas tentang GBPK mengalami kesulitan dalam menyusun GBPK, dikarenakan GBPK yang digunakan sebelumnya diubah formatnya mengikuti format GBPK yang lengkap, yaitu terdiri dari BAB I PENDAHULUAN, BAB II TUJUAN KMHDI, BAB III FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI, BAB IV SASARAN DAN POKOK-POKOK PROGRAM, dan BAB V PENUTUP. Awalnya format GBPK yang digunakan hanya Pendahuluan dan langsung menyebutkan program kerja yang akan dilaksanakan.
Dalam Komisi B yang memiliki agenda membuat pokok-pokok pikiran dan rekomendasi, mekanisme pemilihan dan syarat-syarat pengurus PD KMHDI Sulteng periode 2009-2011 tidak dapat menyelesaikan agendanya dengan baik (Rekomendasi yang dihasilkan dalam Lokasabha VI ini adalah membentuk PC KMHDI Palu).  Setelah penghitungan suara terpilih ADE CHANDRA WIRAWAN (Semester II Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, STIE Panca Bakti) sebagai ketua PD KMHDI Sulteng periode 2009-2011.

Dari pantauan penulis, walaupun beberapa konsep acara tidak begitu jelas teknisnya sehingga terkesan kurang persiapan, namun panitia Lokasabha VI sangat sigap dan penuh tanggungjawab segera mengatasi masalah yang mungkin timbul. Kawan-kawan PD KMHDI Sulteng dalam melakukan persiapan kegiatan juga menunjukkan kekompakan yang cukup tinggi dan perlu mendapat apresiasi yang positif. Satyam Eva Jayate…Jayalah terus KMHDI…!!

(diresume dr laporan kunjungan kerja Presidium PP KMHDI)

Komentar Anda