Outbond Jember 2009, Semangat Dalam Suasana Keakraban

\"\"

SATYAM EVA JAYATE berkali-kali terdengar dipekikkan penuh semangat oleh puluhan anggota KMHDI di jawa Timur. Pemandangan itu tersaji jelas dalam acara Outbond Jember 2009 PD KMHDI Jatim, 7-8 Maret lalu.

Sabtu (7/3) siang, areal Pura Tirta Sudamala Desa Wringin Agung Kecamatan Jombang, Jember mendadak ramai oleh sorak sorai anggota KMHDI dari tiga Pimpinan Cabang di Jatim, yakni PC KMHDI Surabaya, PC KMHDI Malang, dan PC KMHDI Jember. Mereka sedang berusaha melewati rintangan pada permainan Spider\’s Web. Sekitar 20 orang peserta, yang terbagi menjadi empat kelompok, sangat antusias mengikuti permainan tersebut.

Itulah salah satu kegiatan anak-anak KMHDI saat mengikuti acara Outbond Jember 2009 yang dihelat oleh PD KMHDI Jatim. Selain Spider\’s Web, masih terdapat banyak permainan-permainan lain yang tidak kalah menantang. Kesemuanya itu mereka jalani dalam waktu seharian penuh. Hebatnya, kendati pun lelah, antusiasme dan semangat mereka tidak surut. Puncaknya adalah saat malam inaugurasi yang dimeriahkan oleh suguhan drama dari masing-masing kelompok.

Penampilan mereka dalam permainan bermain peran itu mampu menghibur penonton yang beberapa di antaranya adalah penduduk desa.

Hal menarik lainnya dari outbond ini adalah adanya materi-materi yang merangsang minat peserta. Dua materi yang disampaikan, Personality Plus dan 6 Topi Berpikir, oleh I Made Windhu Mahendra diikuti dengan serius. Diskusi menarik juga terjadi saat pemaparan materi 6 Topi Berpikir yang mengangkat contoh kasus pembentukan PC Banyuwangi. Simak saja komentar dari Kristalina, salah satu peserta dari PC KMHDI Jember. “Materi yang disampaikan bagus. Materi ini juga bisa disebarluaskan lagi untuk teman-teman yang belum dapat.”

Outbond Jember 2009 ini sebenarnya merupakan program kerja dari PD KMDHI Jatim yang pelaksanaanya sempat tertunda beberapa kali. Dalam perencanaannya pun, kegiatan ini sempat mengalami banyak masalah. Oleh karena itu, suksesnya acara ini terselenggara sangat disyukuri baik oleh PD KMHDI Jatim maupun pihak panitia pelaksana yang berasal dari anggota PC KMHDI Jember. Ketua panitia, I Made Singgih Dwi Purnomo, menjelaskan dalam sambutannya bahwa dukungan dari umat Hindu setempat sangat membantu terwujudnya acara ini. Hal ini ditegaskan pula oleh Ketut Alit Sukadana, Ketua PC KMHDI Jember.

Dengan mengusung tema "Internalisasi Cita-cita KMHDI Sebagai Perwujudan Persatuan dan Jalan Pendidikan Bagi Generasi Muda Hindu Untuk Masa Depan Bangsa Yang Luhur", Outbond Jember 2009 ini memiliki tujuan untuk mengakrabkan anggota-anggota KMHDI di Jatim dan menanamkan nilai-nilai organisasi. Itu seperti diutarakan oleh Dian Yuni Istanti, Ketua PD KMHDI Jatim. "Outbond ini bertujuan mengakrabkan anggota-anggota KMHDI di Jatim.", ucapnya. Hal senada juga disampaikan oleh I Putu Wisnu Merthayoga, Presidium PP KMHDI saat membuka acara. "KMHDI memiliki keunggulan di jaringan. Maka itu, hubungan antar daerah wajib dijaga agar teman-teman merasa bahwa organisasi ini adalah organisasi nasional.", tandasnya.

Komentar Anda