Dies Natalis 15 KMHDI di Lampung

Om Swastyastu!
Salam bahagia penuh perjuangan untuk rekan-rekan KMHDI di Nusantara tercinta!
Izinkanlah saya untuk menulis sedikit cerita mengenai Peringatan Ultah KMHDI di Lampung, semoga kalau ada hal yang positif itu semata-mata adalah keagungan-Nya dan segala hal negative pada tulisan ini adalah keterbatasan saya! Bersama artikel ini juga saya sertakan beberapa foto sebagai ilustrasi. Semoga berkenan menerimanya!

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia(KMHDI) pada Rabu tanggal 3 September 2008 yang lalu telah genap mempunyai usia 15 tahun. Selayaknya manusia, hari jadi ke-15 KMHDI juga dirayakan oleh ‘pengikut-pengikut’nya. KMHDI Pimpinan Cabang Kota Bandar Lampung (KMHDI PC BL) dan KMHDI Pimpinan Daerah Lampung (KMHDI PD Lampung) juga ikut merayakan hari lahir KMHDI. Untuk merayakan hari jadi ini, KMHDI yang berada di Lampung yaitu PC BL dan PD Lampung bekerja sama mengadakan pertemuan di Sekretariat Bersama (KMHDI, Peradah, Parisada) yang beralamatkan di Jalan Soekarno Hatta Gg.Mawar Indah No.02 Labuhan Dalam Bandar Lampung.

Untuk mempersiapkan acara ini, sehari sebelumnya kami mengadakan pertemuan yang tidak formal untuk membicarakan teknis pelaksanaan Ultah KMHDI ini. Keesokan harinya, sekitar jam 9 beberapa anggota dan pengurus sudah berkumpul menyiapkan apa-apa yang diperlukan. Ada yang membersihkan lantai, ada yang memasak, ada yang mempersiapkan sound system, dan ada yang membuat dekorasi sederhana dari kertas dan balon. Di sini yang memasak tidak hanya yang wanita tetapi juga yang laki-laki. Para laki-laki khususnya membuat masakan khas Bali yang disebut lawar.  Waktu demi waktu berlalu sehingga baru sekitar pukul 17.00 WIB persiapan sudah selesai.
\"\"
Sekitar pukul  19.00 WIb acara Ulang Tahun KMHDI dimulai.  Acara diawali dengan sembahyang bersama. Persembahyangan terdiri dari Puja Tri Sandhya dan Kramaning Sembah. Setelah persembahyangan, hadirin duduk melingkar. Kami mengitari meja yang ada di sana. Apa yang kami lakukan? Coba tebak! Kami kemudian menyayikan lagu “Selamat Ulang Tahun” berulang ulang sementara lilin yang berbentuk angka 15 itu dinyalakan. Lilin yang lain yang  berjumlah lima belas, yang mengelilingi tumpeng, kami tiup bersama-sama. Setelah itu semua lilin padam makam kami semua bersuara dengan riuhnya. Ada yang bertepuk tangan dan ada juga yang berteriak. Susasana pada waktu itu tak ubahnya seperti pasar. Pasar yang dipenuhi suara dengan pedagang dan pembeli yang sedang berjual beli. Perwakilan pengurus kemudian memotong tumpeng dan suasana kembali riuh oleh suara tepuk tangan. Namun tak lama setelah itu suara kami pun berubah menjadi teratur karena kami menyayikan Mars KMHDI dengan riang dan semangat. Ketika menyanyi,semua hadirin berdiri. Ada yang sambil mengepalkan tangannya ke atas, ada yang sambil menggerakkkan badanya ke samping kanan dan kiri, ada juga yang maju mundur, seperti sedang menari. Ketua PC, memimpin hadirin menyanyikan lagu ini. Tak puas dengan hanya sekali saja menyayikan mars, kami menyayi sekali lagi dengan iringan sound system yang disediakan panitia. Kami terasa lebih bersemangat.

Selanjutnya hadirin duduk. Pembawa acara kemudian membacakan susunan acara. Sambutan diberikan oleh perwakilan-perwakilan dari Pengurus PC BL, PD Lampung, dan Alumni. Setelah semua sambutan  selesai, maka kami mengadakan sharing.  Dalam sharing ini kami mencoba mendengar wejangan dari Alumni yang datang. Selanjutnya, beberapa pengurus PC melontarkan ajakan kepada pengurus lain maupun anggota untuk bersama-sama bersemangat lagi belajar dan bekerja di KMHDI. Di sini juga menjadi ajang sosialisasi program kerja yang akan digalakkan lagi kedepan seperti bulletin dan newsletter Sarasvati, penggalangan majalah dan buku Hindu untuk baksos, program penyediaan kewangen di Pura Kerti Buana setiap purnama dan tilem, belajar mekidung dan Bhagavad-Gita,  dan Program Les Privat KMHDI.

Setelah sharing selesai, dilanjutkan dengan santap bersama. Kami menyantap \"\"hidangan hasil masakan sendiri yang telah dipersiapkan dari pagi. Setelah acara makan selesai, kami adakan obrolan santai antar hadirin. Kami mengobrol karena sudah lam tidak bertemu satu sama lain. Adapun bahan obrolannya adalah tentang kehidupan sehari-hari.  Obrolan seperti ini, menurut saya merupakan lem yang bisa menjadi perekat yang kuat antar hadirin. Perekatan yang kuat itu berarti akan membangun keloyalan terhadap KMHDI. Kami semua berharap demikian, semoga KMHDI lebih maju lagi dengan kader-kadernya sebagai penggerak utama.

Ada juga sebagian yang bakar jagung di halaman depan sekret. Setelah itu kami juga membuat memproyeksikan film ke dinding gedung. Suara yang lumayan besar membuat kami serasa di bioskop. Kami nonton bareng. Setelah malam mulai agak larut, teman-teman yang wanita pulang ke kosan masing-masing. Sementara itu, saya dan beberapa orang yang lain tetap nonton dan menginap di bioskop baru kami.

Dana yang kami pakai pada perayaan ini berasal dari keuntungan Kantin KMHDI.  Kantin KMHDI ini kami ldirikan di Pura Kerti Buana pada Hari Raya Kuningan, 30 agustus 2008 yang. Kantin ini menjual pernak-pernik Hindu dan juga makanan serta minuman. Tujuan kantin ini adalah  untuk ‘menggemukkan’ organisasi secara finansial. Tetapi bagaimana bisa dikatakan ‘gemuk’ karena awalnya memang perutnya tanpa isi. Yah bagaimanapun juga yang penting ‘gemuk’lah!
Satyam Eva Jayate!!!!

Satyam Eva Jayate!!!!
Dan Selamat Ulang Tahun KMHDI-ku smoga jaya selalu!!!!

Om Santih Santih Santih Om

Signed

Katimun
Pengurus KMHDI PC B.Lampung
Anggota Bidang Litbang PP KMHDI Periode 2008-2010
Mobile.085274407278

Komentar Anda