Pansel Menghimbau Partisipasi Masyarakat

JAKARTA (02/07). Proses seleksi calon pimpinan KPK yang pendaftarannya dimulai 14 Juni hingga 3 Juli 2007, penerimaan kelengkapan persyaratan administrasi masih dimungkinkan untuk diterima hingga 6 Juli pukul 16.00, terhitung hingga hari ini, 2 Juli, pada pukul 16.30 telah mampu menjaring sebanyak 402 jumlah pendaftar.

Pada awal periode pendaftaran, di saat jumlah pendaftar kurang dari 40 orang, berbagai kalangan termasuk LSM menyatakan kegundahannya bahwa Panitia Seleksi (Pansel) kurang bekerja maksimal sehingga publikasi proses pendaftaran kurang mampu menarik minat para calon potensial untuk mendaftar. Rendahnya minat pendaftar tidak hanya disebabkan kurangnya sosialisasi Pansel kepada publik; namun berdasarkan pengalaman para pimpinan KPK periode berjalan, para calon pimpinan KPK perlu mengukur diri apakah cukup mampu menduduki posisi yang sangat strategis ini. Lagipula kelengkapan persyaratan pendaftaran juga memerlukan waktu yang relatif cukup lama untuk memenuhinya.

Selain melakukan diskusi publik di berbagai daerah dan talkshow di berbagai media elektronik, Pansel juga memasang iklan di sejumlah media cetak, stasiun TV dan radio yang memiliki jaringan nasional sejak 12 Juni 2007 guna mendorong lebih banyak perhatian publik. Pansel juga telah mengirimkan surat kepada berbagai perguruan tinggi, LSM, instansi Pemerintah di Pusat dan Daerah untuk membantu menjaring nama-nama calon pimpinan KPK.

Proses seleksi calon pimpinan KPK ini secara simbolik merupakan pertaruhan bagi bangsa ini tentang keseriusan semua pihak yang terkait dalam pemberantasan korupsi di tanah air. Jadi tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah, namun proses seleksi ini juga membutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat, dalam turut menjaga bersama-sama setiap tahapan dalam seleksi ini secara pro-aktif dan partisipatif guna mendapatkan pimpinan terbaik dari lembaga yang memiliki tugas mulia dalam memerangi korupsi. Sehingga tantangan untuk saling mendukung ini merupakan tanggungjawab kita semua termasuk kalangan media dan LSM.

Oleh karena itu, Pansel menyambut baik usulan nama-nama tokoh berpotensi dan berkualitas yang diajukan oleh lembaga anti-korupsi. Gerakan Rakyat Anti Korupsi (GeRAK) Indonesia yang menyampaikan kepada Ketua Pansel, Taufiq Effendi, Jumat lalu (29/06). Dalam surat terbukanya, GeRAK menyampaikan sejumlah nama yang dapat dipertimbangkan sebagai calon kuat pimpinan KPK mendatang.

Pada hari yang sama, Ketua Pansel menyampaikan apresiasi atas upaya GeRAK yang secara pro-aktif menyampaikan usulannya. Dalam surat balasannya, Ketua Pansel menyatakan bahwa upaya pro-aktif tersebut harus ditindaklanjuti dengan mendorong para tokoh yang direkomendasikan untuk segera yang berkantor di melengkapi persyaratan pendaftaran calon pimpinan KPK dan menyampaikannya ke Sekretariat Pansel KPK Kantor Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara di Jl. Jend. Sudirman kav. 69, Jakarta 12190, telepon 021-7246179, fax. 021-7246067 informasi persyaratan pendaftaran lebih lengkap dapat pula diakses melalui http://kormonev. menpan.go. id.

Pendaftaran calon pimpinan KPK akan ditutup pada hari Selasa, 3 Juli 2007, pada pukul 16:00 – penerimaan kelengkapan persyaratan administrasi masih dimungkinkan untuk diterima hingga 6 Juli pukul 16.00. Pansel masih berharap dapat menerima pendaftaran dari para tokoh yang direkomendasikan sejumlah LSM seperti GeRAK Indonesia, maupun calon independen yang berpotensi yang merasa pencalonan ini merupakan panggilan tugas mulia untuk melakukan pembenahan atas upaya pemberantasan korupsi yang semakin luas di negara ini.

Selain itu, Pansel juga menghimbau masyarakat luas untuk turut berpartisipasi di dalam memberikan masukan atau pengaduan melalui nomer SMS 081388500333.

Sumber: Siaran Pers

Komentar Anda