Menyelesaikan ‘PR’ Kaderisasi

Jawa Timur. Visi Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) adalah sebagai wadah pemersatu dan alat pendidikan kader mahasiswa Hindu. Sedangkan misinya adalah memperbesar jumlah kader mahasiswa Hindu yang berkualitas. Dari visi misi tersebut jelas bahwa kaderisasi memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas kader organisasi yang berjati diri religius, humanis, nasionalis dan progresif ini. Dalam proses kaderisasi tersebut Diklat Manajemen Organisasi (DMO) adalah salah satu cara yang dipraktekkan di KMHDI untuk melatih para anggotanya.

Untuk mewujudkan proses kaderisasi tersebut, Pimpinan Daerah (PD) KMHDI Jawa Timur mengkoordinasikan pelaksanaan DMO di masing-masing cabang di Jawa Timur. Di Surabaya misalnya, telah dilaksanakan DMO oleh Pimpinan Cabang (PC) KMHDI Surabaya bertempat di Pura Segara akhir Mei lalu (26/5). Selanjutnya, awal Juli (1/7) dilanjutkan DMO di PC KMHDI Malang. Kegiatan yang bertempat di Desa Sukun Malang ini diikuti oleh 18 peserta yang didominasi oleh pengurus baru PC KMHDI Malang.

Materi-materi pun dapat disampaikan dengan baik dengan game dan contoh-contoh yang relevan. Peserta sangat antusias dalam menerima materi yang diberikan. Hal ini ditunjukkan dengan kekritisan peserta sehingga sering kali terjadi diskusi-diskusi yang sangat menarik. Menurut Dian Yuni Istanti, Ketua PD KMHDI Jawa Timur, pengurus PD akan mendorong dan mendukung kegiatan-kegiatan kaderisasi di Jawa Timur agar seluruh PC di Jawa Timur dapat melaksanakan DMO. “Dari great plan tersebut diharapkan pada akhir tahun 2007 ini PD KMHDI Jawa Timur telah menyelesaikan satu PR-nya yaitu menangani masalah kaderisasi,” ungkapnya semangat. [Redaksi]

Komentar Anda