RAKERNAS V KMHDI : Tingkatkan Kaderisasi dan Manfaatkan TI

Mewujudkan visi sebagai wadah pemersatu dan alat pendidikan kader Mahasiswa Hindu, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) terus berupaya mengadakan usaha kaderisasi bertahap dan kaderisasi khusus secara teratur dan berkesinambungan. Hal ini telah dirumuskan dalam Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) hasil Mahasabha V KMHDI bahwa pengembangan organisasi dalam jangka pendek bidang pengembangan dan kaderisasi dipusatkan pada dua hal, yakni pertama melaksanakan sistem kaderisasi KMHDI secara mandiri dan berkesinambungan sesuai dengan yang diatur dalam sistem kaderisasi KMHDI.

                                   \"\"

Sedangkan rumusan kedua adalah menyempurnakan seri buku infrastruktur KMHDI dalam menindaklanjuti program pengembangan organisasi. Dalam kepengurusan sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi materi Masa Penerimaan Anggota Baru dan Kaderisasi Khusus yaitu Diklat Manajemen Organisasi. Dalam kepengurusan periode 2006 – 2008 ini sosialisasi dan pelaksanaan dari kaderisasi khusus bertambah yaitu diklat jurnalistik. Melalui diklat ini diharapkan dapat memacu penggalian ide konstruktif yang merepresentasikan jati diri KMHDI dan budaya menulis dikalangan Mahasiswa Hindu umumnya dan anggota KMHDI khususnya. Disamping diklat jurnalistik juga diadakan diklat kader politik, diklat kewirausahaan yang buku-bukunya telah diselesaikan pada kepengurusan periode sebelumnya.

Kebijakan dan program lain yang dihasilkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V KMHDI yang dilaksanakan tanggal 1 – 2 Juli 2006 di Pura Parahyangan Agung Jagat Kartta – Gunung Salak Bogor tersebut juga berhasil me-louncing website KMHDI. Website ini sebagai bentuk pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam pengelolaan organisasi seperti sosialisasi dan komunikasi. Website ini dikembangkan dengan tema relegius, formal dalam arti layout standar organisasi, simple, dan informatif dengan maksud media ini mampu memberikan informasi yang benar-benar dibutuhkan baik oleh pengurus KMHDI maupun pengunjung website. Selain itu, website yang beralamat di http://www.kmhdi.org ini sebagai media informasi tentang aktivitas organisasi dan media alternatif untuk jaringan KMHDI maupun media penyaluran wacana generasi muda Hindu.

Rakernas V KMHDI yang kepanitiaannya dilakukan oleh PD KMHDI DKI Jakarta ini juga berhasil merumuskan program-program kerja pada setiap fungsional kepengurusan PP KMHDI periode 2006 – 2008. Disela-sela acara Rakernas yang dilaksanakan dengan sederhana ini juga diadakan diskusi dan sharing dengan Ketut Mardjana, Ketua Yayasan Giri Taman Sari dan alumni serta mantan pengurus PP KMHDI. Semoga Hyang Widhi merestui karma yoga ini…

~~~

Berita telah dikirim ke Majalah Hindu Raditya

Komentar Anda